Advertisement

Perairan Selatan Jawa Berpotensi Terjadi Gelombang Tinggi

Newswire
Rabu, 12 Mei 2021 - 13:37 WIB
Nina Atmasari
Perairan Selatan Jawa Berpotensi Terjadi Gelombang Tinggi Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa daerah di Indonesia. Tak hanya itu, BMG juga mengingatkan soal gelombang tinggi.

BMKG, Rabu (12/5/2021), mengatakan bahwa daerah-daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Banten.

Advertisement

Wilayah lain yang juga akan mengalami cuaca tersebut antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Baca juga: Polda DIY: Pengawasan Prokes Perayaan Idulfitri Dilaksanakan Satgas Covid-19 Wilayah

Lalu di Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Sementara, peringatan gelombang tinggi yakni 2,5-4 meter di Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Pulau Enggano - Lampung, Selat Sunda bagian Selatan dan Barat, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Perairan Selatan Jawa hingga Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Timur.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga diimbau untuk tetap selalu waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Sleman Didugat oleh Vendor Snack KPPS yang Sempat Viral

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement