Bill Gates Bagi Harta Gono-Gini, Melinda Gates Jadi Miliarder Baru Dunia

Melinda Gates - Istimewa
07 Mei 2021 22:07 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tiga hari setelah pengumuman perceraian dengan Bill Gates, Melinda menjadi salah satu miliarder dunia karena pembagian harta gono-gini dari mantan suaminya Bill Gates.

Menurut laporan The Wall Street Jurnal, perusahaan induk Bill Gates, Cascade Investment, dikabarkan telah mentransfer saham di beberapa perusahaan ke Melinda Gates yang bernilai hampir US$2,4 miliar.

Menurut pengajuan SEC, Melinda Gates sekarang menjadi salah satu pemegang saham terbesar di Coca-Cola KO, + 1,00% pembotolan Coca-Cola Femsa SAB dan Grupo Televisa SA, yang keduanya berbasis di Meksiko. Dan dia sekarang juga memiliki 14,1 juta saham Canadian National Railway Co. CNI, + 0,25%, dan 2,94 juta saham A.S. pemilik dealer mobil AutoNation AN, + 2.40% Inc.

Masih ada lebih banyak aset untuk dibagikan, meski nilainya belum dapat dipastikan. Pasangan ini tidak mencantumkan perjanjian pranikah dalam pengajuan perceraian, jadi dia dan suaminya akan membagi aset mereka melalui kontrak perpisahan.

Selain menjalankan Bill and Melinda Gates Foundation, yang menurut pasangan itu akan terus mereka kerjakan bersama, keduanya adalah salah satu pemilik tanah pribadi terbesar di Amerika. Mereka memiliki sekitar 242.000 hektare tanah pertanian, belum lagi rumah besar mereka yang bernilai US$170 juta di negara bagian Washington.

Tetapi mereka juga telah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka melalui Giving Pledge, dan telah menyumbangkan lebih dari US$36 miliar melalui filantropi Bill & Melinda Gates Foundation.

Membedakan kekayaan pribadi Melinda Gates penting karena masih sedikit miliarder wanita dibandingkan dengan pria. Sementara daftar miliarder dunia 2021 Forbes menampilkan 328 wanita, yang naik lebih dari 36% dari tahun sebelumnya, itu masih sebagian kecil dari 2.427 miliarder pria yang masuk dalam klub elit 10-angka. Dan kurang dari sepertiga (108) dari para miliarder perempuan ini berusaha sendiri; sebagian besar mewarisi kekayaan mereka atau berbagi kekayaan dengan suami mereka.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia