Advertisement

Capaian Vaksinasi Lansia Solo Rendah, Malah Lebih Tinggi Petugas Publik

Newswire
Rabu, 28 April 2021 - 21:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Capaian Vaksinasi Lansia Solo Rendah, Malah Lebih Tinggi Petugas Publik Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Capaian vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia di Kota Solo hingga saat ini masih belum memenuhi target. Alasannya karena sebagian warga enggan harus mendaftar ke kelurahan.

"Saya sudah berkeliling ke beberapa puskesmas, vaksinasi lansia kok lambat. Di Solo capaian petugas publik malah lebih tinggi dibandingkan kelompok lansia," kata Kepala DKK Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo, Jateng, Rabu (28/4/2021). 

Advertisement

Menurut dia, sebagian lansia tersebut beralasan jika harus mendaftar ke kelurahan jaraknya jauh dari rumah. Padahal, menurut dia jarak kantor kelurahan dengan tempat tinggal penduduk tidak terlalu jauh.

Ia mengatakan dalam satu minggu terakhir jumlah lansia di Kota Solo yang sudah mengikuti vaksinasi hanya sekitar 2.000 orang. Bahkan, pada periode yang sama untuk jumlah pendaftar dari kelompok lansia hanya sekitar 700 orang.

Jika sesuai dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk jumlah lansia di Kota Solo sebanyak 74.000 orang. Dari total tersebut ditargetkan yang memperoleh vaksin Covid-19 sebanyak 49.000 orang.

Baca juga: Obat Covid-19 dari Pfizer Mulai Dijual Akhir 2021

"Namun sampai saat ini baru terealisasi sebanyak 38.000 orang, artinya masih kurang 11.000 orang. Mestinya kan 80 persen dari populasi, seharusnya saya bisa menyentuh 60.000 orang," katanya.

Ia mengatakan jika dibandingkan dengan capaian vaksinasi untuk petugas publik, untuk kelompok lansia ini lebih rendah karena belum mencapai 100 persen.

Berdasarkan data, dikatakannya, untuk capaian vaksin kelompok petugas publik termasuk di dalamnya pedagang pasar sudah 122 persen.

Terkait hal tersebut, pihaknya sudah menugaskan Puskesmas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya lansia.

"Puskesmas sudah siaran keliling secara masif bahwa untuk bisa memperoleh vaksinasi agar daftar ke kelurahan. Bahkan kemarin Ketua RT/RW yang mengikuti vaksin sudah saya minta membawa daftar siapa saja warganya yang lansia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement