Advertisement

Ini 10 Miliarder Dunia yang Bangkrut dan Penyebabnya

Nirmala Aninda
Selasa, 27 April 2021 - 18:37 WIB
Sunartono
Ini 10 Miliarder Dunia yang Bangkrut dan Penyebabnya Sean Quinn - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Sangat jarang seseorang mencapai status miliarder dan kemudian jatuh miskin. Meskipun ini adalah kejadian langka, hal itu tidak jarang terjadi.

Biasanya, seseorang berekspektasi bahwa seorang miliarder cukup lihai untuk melindungi kekayaan mereka. Namun, terkadang situasi bisa menjadi sulit.

Advertisement

Skenario ekonomi yang tidak menguntungkan, investasi buruk atau penipuan dapat memaksa miliarder untuk mengajukan kebangkrutan.

Berikut ini adalah 10 miliarder yang bangkrut, seperti dilansir melalui Entrepreneur, tanpa urutan tertentu.

1. Elizabeth Holmes

Holmes pernah dianggap sebagai bintang Silicon Valley yang sedang naik daun, tetapi dia sekarang menghadapi tuduhan penipuan. Theranos, perusahaan penguji darah yang dia dirikan, mengklaim telah merevolusi cara pasien diuji dan dirawat.

Pada kenyataannya, perusahaan itu tidak pernah memberikan teknologi yang dijanjikannya. Pada 2015, Forbes menobatkannya sebagai miliarder wanita termuda dan terkaya, tetapi tahun berikutnya, setelah mengetahui kebenaran dari teknologinya, Forbes merevisi kekayaan bersihnya menjadi nol.

2. Patricia Kluge

Kluge menginvestasikan sejumlah besar uang, yang dia dapatkan dari penyelesaian perceraiannya ke sebuah kebun anggur. Setelah pasar perumahan ambruk, dia kehilangan semua uangnya.

Dia bahkan harus melelang semua perhiasannya berharga dan harta benda lainnya untuk menyelamatkan dirinya dari kebangkrutan. Namun, itu tidak berhasil, dan pada Juni 2011, Kluge mengajukan pailit.

3. Bernie Madoff

Madoff dikenal berkat skema Ponzi terbesar yang pernah ada. Dia saat ini menjalani hukuman penjara selama 150 tahun. Tahun lalu, dia mengajukan permohonan pembebasan dengan alasan bahwa dia memiliki sisa hidup kurang dari dua tahun karena gagal ginjal.

Namun, permintaannya ditolak. Madoff adalah veteran industri keuangan yang memulai Bernard L. Madoff Investment Securities LLC pada tahun 1960 dan bahkan pernah menjabat sebagai ketua NASDAQ.

4. Vijay Mallya

Mallya adalah taipan minuman keras India terkemuka yang terkenal dengan gaya hidupnya yang pandai bersilat lidah. Dia pemilik Kingfisher Airlines. Namun, pada 2012, terungkap bahwa dia mengambil beberapa pinjaman dari bank untuk menjaga bisnis penerbangannya tetap berjalan.

Setelah Mallya gagal melakukan pembayaran yang diminta, dia melarikan diri ke Inggris dari India. Pemerintah dan bank India masih melakukan upaya hukum untuk mengekstradisinya. Dia didakwa dengan penipuan bank dan pencucian uang.

5. Allen Stanford

Stanford kini menjalani hukuman 110 tahun akibat skema Ponzi terbesar kedua yang pernah ada di AS. Skema Ponzi yang dioperasikannya mengakibatkan kerugian sekitar US$7 miliar bagi lebih dari 18.000 investor, yang belum menerima kompensasi apa pun atas kerugian mereka. Dilaporkan bahwa banyak klien Stanford adalah pensiunan yang dijanjikannya untuk investasi yang aman. Dia dihukum atas 13 tuduhan kejahatan pada tahun 2012.

6. Sean Quinn

Quinn adalah salah satu orang terkaya di Irlandia, tetapi krisis keuangan 2008 memaksanya mengajukan kebangkrutan pada 2011. Saat itu, Quinn mengklaim bahwa asetnya kurang dari 50.000 pound Tu turun dari kekayaan sebelumnya sebesar US$2,8 miliar.

Dia memegang 25% saham di Anglo Irish Bank, tetapi selama krisis keuangan 2008, bank tersebut harus diselamatkan menggunakan uang pembayar pajak yang kemudian diambil alih oleh pemerintah.

7. Eike Batista

Bangsawan minyak Eike Batista pernah menjadi orang terkaya ketujuh di dunia. Dia mulai merugi setelah perusahaan minyaknya, OGX, tidak mampu memenuhi target produksi. Kondisi keuangan Batista diperburuk setelah ekonomi Brasil menghadapi kesulitan. Pada 2012, kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$30 miliar, dan pada 2017, dia didakwa melakukan pencucian uang dan korupsi yang diikuti dengan pengajuan pailit.

8. Jocelyn Wildenstein

Wildenstein, yang dikenal sebagai "Catwoman" karena penampilannya, adalah seorang sosialita yang besar. Dilaporkan bahwa dia biasa menghabiskan US$1 juta untuk belanja barang mewah dan US$5.000 untuk tagihan teleponnya per ulan. Pada Mei 2018, dia menyatakan bangkrut, mengklaim bahwa dia tidak memiliki uang sepeser pun di rekening giro miliknya. Wildenstein adalah mantan istri almarhum pedagang seni miliarder Alec Wildenstein.

9. Björgólfur Gudmundsson

Gudmundsson pernah menjadi orang terkaya kedua di Islandia dan memegang saham utama di sebuah bank, Landsbanki. Pada saat krisis keuangan 2008, banknya bangkrut dan diambil alih oleh pemerintah Islandia. Gudmundsson kemudian mengajukan kebangkrutan, dan Forbes merevisi kekayaan bersihnya dari US$1,2 miliar menjadi US$0. Dia juga harus menjual tim sepak bola Liga Inggris (West Ham United Football Club) yang dimilikinya.

10. Aubrey McClendon

Salah satu pendiri perusahaan minyak dan gas Chesapeake Energy, McClendon dilaporkan memiliki kekayaan bersih sekitar US$1,2 miliar. Namun, pada 2016, dia dituduh memanipulasi tawaran untuk hak pengeboran secara tidak adil dan didakwa atas tuduhan konspirasi federal. Sehari hari setelah dia didakwa, McClendon meninggal dalam kecelakaan mobil. Diyakini bahwa dia memiliki hutang yang sangat besar, dan dengan demikian, kekayaan bersihnya mendekati nol ketika dia meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement