Ahli Konstruksi Minta Pembangunan Ibu Kota Negara di Kaltim Berbasis Alam

Konsep Ibu Kota Negara. - Antara
16 April 2021 04:07 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sebanyak tujuh asosiasi jasa konstruksi dan perencanaan meminta Presiden Joko Widodo untuk mengedepankan pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur berbasis alam.

Mereka menghadap Presiden di Istana Negara Jakarta pada Kamis (15/4/2021). Dalam pertemuan itu, asosiasi memberi masukan terkait pembangunan IKN.

Hendricus Andy Simamarta, perwakilan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota Indonesia, mengharapkan pemerintah menciptakan ketersambungan antara rencana yang bersifat makro hingga ke level mikro atau pada tataran pembangunan.

"Dengan demikian, visi yang sudah disampaikan oleh Presiden betul-betul bisa diterjemahkan ke dalam proses konstruksi yang memenuhi standar pembangunan," ujarnya pada Kamis (15/4/2021) setelah bertemu Presiden joko Widodo.

Baca juga: BPOM Sebut 71,4% Subjek Vaksin Nusantara Alami Kejadian Tak Diinginkan, Demam hingga Pilek

Selain itu, pihaknya berharap agar IKN menjadi contoh dunia internasional dengan pembangunan mengedepankan alam dan hutan hujan tropis yang telah dimiliki serta berpihak kepada masyarakat lokal.

Pihaknya mendukung proses cepat untuk menjadikan Indonesia maju. Akan tetapi, dia mengingatkan eksekutif tidak tergesa-gesa. Dia berharap seluruh lapisan dapat menghadirkan IKN yang dicintai.

"Terkahir kami juga menekankan pentingnya satu proses yang betul-betul bisa terukur dalam menghadirkan implementasi dari rencana yang sudah disiapkan pemerintah," katanya.

Tujuh asosiasi profesi yang menghadap Presiden adalah Ikatan Ahli Perencana Wilayah dan Kota, Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia, Ikatan Ahli Arsitektur Lanskap Indonesia, Ikatan Arsitek Indonesia, Ikatan Ahli Lingkungan Hidup Indonesia, Green Building Council Indonesia, dan Persatuan Insinyur Indonesia.

Sumber : bisnis.com