Advertisement

Ekonomi Sebut Vaksin Merah Putih Berfungsi secara Jangka Panjang

Rahmad Fauzan
Kamis, 08 April 2021 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ekonomi Sebut Vaksin Merah Putih Berfungsi secara Jangka Panjang Setelah masuk Tim Nasional Pengembangan Vaksin Merah Putih untuk mendukung kemandirian vaksin dalam negeri, LIPI harus bekerja keras untuk mewujudkan vaksin tersebut. - LIPI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Ketersediaan vaksin menjadi hal yang vital saat ini. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tetapi juga ekonomi.

Bagi pemulihan jangka pendek ekonomi Tanah Air, vaksin dinilai sangat diperlukan. Melihat urgensinya, kehadiran Vaksin Merah Putih pun disebut tidak bisa ditawar untuk memacu pemulihan ekonomi berlangsung cepat. 

Advertisement

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Aviliani mengatakan Vaksin Merah Putih akan lebih berfungsi secara jangka panjang. Dengan demikian, selama masa pemulihan berlangsung Indonesia dinilai masih harus menggunakan vaksin impor.

"Kalau saya sih setuju saja pemerintah mempercepat pengembangan Vaksin Merah Putih. Namun, untuk jangka panjang. Sebab, sekarang persoalannya adalah apakah mau pemulihan berlangsung cepat atau tidak," ujarnya ketika dihubungi, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Server Bermasalah, Belasan Siswa Harus Ikuti Ujian Susulan

Selama masa pemulihan ekonomi, sambungnya, dunia usaha Tanah Air masih akan bergantung terhadap ketersediaan vaksin dari produsen luar negeri. Vaksin Merah Putih nantinya akan berperan pada masa ekonomi sudah bisa dikelola dengan baik.

Perlu diketahui, dunia usaha menjadi sektor yang paling menanti-nanti terealisasinya Vaksin Merah Putih pada awal 2022. Vaksin buatan dalam negeri tersebut diyakini ampuh dalam memberikan sentimen positif bagi dunia usaha.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan efek positif Vaksin Merah Putih memperlebar kemungkinan kembali bergeraknya mobilitas masyarakat yang dinilai menjadi indikator utama yang dapat menggerakkan sektor riil.

Efeknya dinilai akan terasa sekali bagi sektor riil  karena vaksin membuka peluang kembali bergeraknya mobilitas masyarakat yang akan berpengaruh langsung terhadap geliat dunia usaha.

Baca juga: Setelah Divaksin Masih Bisa Terpapar Covid-19? Begini Penjelasan Dinkes Sleman

Di samping itu, Vaksin Merah Putih juga dinilai penting bagi dunia usaha mengingat masih cukup rumitnya perebutan vaksin Covid-19 di kancah global di mana negara-negara besar masih mendapatkan porsi yang paling besar.

Dengan demikian, ketersediaan Vaksin Merah Putih akan sangat besar dampaknya bagi psikologi masyarakat untuk kembali beraktivitas sehingga pada akhirnya juga memberikan pengaruh positifnya bagi dunia usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement