Advertisement

Ledakan Tangki Balongan, Pertamina Temukan 365 Rumah Rusak

Hakim Baihaqi
Selasa, 06 April 2021 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ledakan Tangki Balongan, Pertamina Temukan 365 Rumah Rusak Kepulan asap hitam dari kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, INDRAMAYU - PT Pertamina (Persero) mempercepat proses verifikasi pendataan bangunan yang mengalami kerusakan akibat ledakan tangki area T-301 di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dalam upaya percepatan verifikasi ini Pertamina menambah jumlah tim dari semula hanya delapan, menjadi 16.

"Tim Gabungan terdiri dari tim eknis (PUPR dan kimrum), Pertamina, TNI, Polri, BPBD, camat, kuwu, dan RT/RW setempat," kata Cecep di Kabupaten Indramayu, Selasa (6/4/2021).

Advertisement

Desa Sukaurip dan Desa Balongan, Kecamatan Balongan, tercatat ada 365 rumah dan 53 (rumah ibadah, sekolah, dan kantor instansi) mengalami kerusakan akibat ledakan tersebut.

Mekanisme penggantian kerusakan bangunan milik warga dan pemerintah, akan dihitung sesuai standar biaya perbaikan dari Pemerintah Kabupaten Indramayu.

"Mengacu standar agar seluruh warga terdampak bisa mendapatkan besaran ganti rugi yang tepat," kata Cecep.

Sebelumnya, Kilang Pertamina Balongan tepatnya di tangki T-301G pada Senin (29/3/2021) dini hari meledak. Pihak Pertamina mengklaim, kejadian tersebut akibat tangki penyimpanan tersambar petir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu menyatakan, peristiwa akibat terbakarnya tiga unit tank product premium 42 T 301 A/B/C itu berdampak ke lima desa.

Sebanyak lima desa tersebut yakni Desa Balongan, Desa Sukareja, Desa Rawadalem, Desa Sukaurip, dan Desa Tegalurung. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement