Advertisement

Ini Peristiwa Penting 1 April yang Dianggap April Mop

Hanafi Nurmahdi
Kamis, 01 April 2021 - 12:17 WIB
Sunartono
Ini Peristiwa Penting 1 April yang Dianggap April Mop Musisi Motown Marvin Gaye meninggal pada 1 April 1984 - Grammy.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak orang sudah mengetahui 1 April diperingati sebagai April Fools Day atau April Mop. Pada saat itu, orang boleh melakukan kebohongan atau memberi lelucon kepada yang lainnya.

Padahal, ada banyak peristiwa penting yang jatuh pada 1 April. Namun, gara-gara stigma April Mop, kejadian penting tersebut justru dianggap lelucon atau kebohongan.

Advertisement

Meski terlihat hanya sebuah bercandaan, kejahilan saat April Mop ternyata bisa menjadi berbahaya. Melakukan perayaan April Mop dengan sewajarnya atau sebaiknya tidak merayakannya untuk menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Berikut daftar peristiwa penting pada 1 April di berbagai belahan dunia yang sering kali dianggap April Mop.

1. Hari Kemerdekaan Iran
Iran Resmi mengumumkan hari kemerdekaan sebagai sebuah negara pada tanggal 1 April 1979, setelah melakukan revolusi yang dipimpin Ayatollah Khoemeini. Anehnya, pengumuman ini tidak dipercaya oleh warga Iran sendiri karena bertepatan dengan April Mop.

2. Marvin Gaye Meninggal Dunia
1 April 1984 dunia musik dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang musisi asal Amerika Serikat Marvin Gaye. Menurut laporan kala itu, Marvin meninggal usai ditembak oleh ayahnya sendiri setelah keduanya terlibat pertengkaran. Kabar itu pun langsung disambut oleh kesedihan para penggemarnya, meskipun sebelumnya sempat dikira sebagai lelucon April Mop.

3. Tsunami Hawaii
Kepulauan Aleut, Alaska diguncang gempa bumi yang menyebabkan tsunami pada 1 april 1946. Gelombang tsunami lintas pasifik memiliki ketinggian 45-130 kaki, sebelum akhirnya menerjang wilayah Hawaii dan menewaskan lebih dari 165 orang.

Meskipun banyak menimbulkan korban jiwa dan merusak ribuan bangunan, bencana ini sempat dianggap orang-orang sebagai lelucon April mop karena terjadi pada 1 April.

4. Perilisan Gmail oleh Google
Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia saat ini, Google pernah membuat lelucon-lelucon pada 1 april untuk memperingati April mop.
Pada 1 april 2004, Google resmi merilis sarana surel. Lucunya, aksi Gmail tersebut yang malah dianggap sebagai lelucon juga oleh banyak orang.

5. Enix Diakuisisi Square
Enix dan Square dua perusahaan game asal Jepang yang pernah membuat heboh karena bergabungnya kedua perusahaan tersebut. Tepat pada 1 April 2003, keduanya bersatu yang kemudian dianggap sebagai perayaan April mop karena persaingan antara keduanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement