Namanya Terus Naik di Survei Pilpres 2024, Begini Tanggapan Ridwan Kamil

Gubernur Jabar Ridwan Kamil
24 Maret 2021 15:37 WIB Wisnu Wage Pamungkas News Share :

Harianjogja.com, BANDUNG — Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk ke dalam tiga besar calon presiden pilihan pemilih muda. 

Ridwan Kamil mengatakan hasil survei seperti apapun tidak akan mengubah kinerjanya sebagai Gubernur Jawa Barat. Terpenting, katanya, terus bekerja keras untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. 

“Saya kerja kan, jadi gini, saya kerja tidak berubah etos kerjanya. Tidak ngatur-ngatur, tidak nge-buzzer-buzzer kumaha, henteu. Kalau diapresiasi menjadi elektroral, alhamdulillah, dan juga masih panjang. Jadi intinya mah faktanya diterima, tapi tidak akan mengubah etos kerja saya. Tetap semangat, tetap kreatif, tetap inovatif," katanya dikutip Rabu (24/3/2021).

Namun dia mengaku pemilih muda memiliki karakteristik sendiri dimana pilihannya selalu merujuk pada pengaruh digital.

"Milenial itu memilih politik biasanya dari digital, riset, ngaruh banget. Jadi kalau kita rajin mengabarkan pencapaian-pencapaian, apresiasi itu pasti muncul," katanya.

Terkait nama Ganjar dan Anies yang masuk ke dalam top three survei tersebut, menurutnya kedua kolega tersebut bukanlah saingan namun calon mitra. Menurutnya yang berpengaruh pada pemenangan Pilpres adalah elektabilitas pasangan, tidak hanya perorangannya.

"Kalau pilpres saya tidak khawatir. Kenapa, yang riil penting itu elektoral pasangan. Kalau individu, bukan balapan ini mah. Apakah nomor 1 dan nomor 2, nomor 2 dan 3, nomor 2 dan 4. Nah kalau itu dielektoralkan, baru itu ilmiah karena saling mengkontribusi. Tapi kalau dihutung satu-mah,  tipis-tipis kan, engga jomplang 10 persen atau berapa," katanya.

Pekan ini, lembaga Indikator Politik Indonesia merilis survei tentang suara anak muda terhadap isu sosial politik bangsa. Survei salah satunya menanyakan soal tokoh yang dipilih anak muda untuk menjadi presiden.

Dari 17 nama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat perolehan angka tertinggi. Setelah Anies, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mendapat perolehan angka tinggi mencapai 13,7 persen. Menyusul di posisi ketiga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 10,2 persen.

Sumber : bisnis.com