Pengumuman Hasil SNMPTN 2021 Ini Beda dari Tahun Sebelumnya

Informasi terkait pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atauSNMPTN 2021 yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) - Twitter/@ltmptofficial
22 Maret 2021 10:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada hari ini, Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB.

Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, mengatakan pengumuman hasil SNMPTN dapat diakses melalui laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, akses pengumuman SNMPTN dan SBMPTN bersifat pribadi dan individual sehingga hanya dapat diberikan kepada pihak yang bersangkutan.

Baca juga: Lewat Sanggar, Warga Keparakan Jogja Ajarkan Etika dan Seni kepada Anak-Anak

“LTMPT tidak diperkenankan memberikan data pribadi peserta kepada pihak mana pun termasuk dalam bentuk mendapatkan data hasil seleksi,” jelas Nasih di Jakarta, Senin.

Akses masuk terhadap pengumuman hasil seleksi dilakukan oleh masing-masing peserta dengan menggunakan data pribadi melalui perangkat komputer atau alat komunikasi yang tertera pada laman website LTMPT atau PTN.

Pengumuman SNMPTN dan SBMPTN secara daring hanya dilakukan melalui laman LTMPT dan PTN hanya dilakukan melalui laman LTMPT dan PTN mirror.

Dengan demikian, lanjut dia, LTMPT tidak lagi menyampaikan data pengumuman hasil seleksi jalur SNMPTN 2021 dan SBMPTN 2021 kepada pihak di luar PTN termasuk pada sekolah dan media.

Baca juga: TikTok Hapus Video Bermuatan Propaganda Militer Myanmar

Seperti diketahui, SNMPTN merupakan seleksi masuk PTN berdasarkan nilai rapor atau prestasi lainnya. Pendaftaran SNMPTN tidak memiliki hubungan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pendaftaran SNMPTN sebelumnya dilakukan melalui laman resmi LTMPT. Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah siswa yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan memenuhi syarat oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Pendaftaran SNMPTN itu resmi ditutup pada Kamis (25/2/2021) atau diperpanjang sehari. Pendaftaran SNMPTN dimulai 15 Februari pukul 15.00 WIB hingga 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB, tetapi diperpanjang karena masih banyak siswa yang belum lakukan finalisasi.

Berdasarkan data pendaftaran SNMPTN 2021 per 23 Februari 2021 atau sehari menjelang pendaftaran ditutup, sebanyak 648.396 calon mahasiswa login, 586.404 siswa memilih program studi, 9.671 siswa upload portofolio, dan 568.330 siswa sudah finalisasi.

Sumber : Antara