Advertisement

Aprilia Manganang Jalani Sidang Pergantian Identitas di Pengadilan Negeri

JIBI
Jum'at, 19 Maret 2021 - 12:27 WIB
Sunartono
Aprilia Manganang Jalani Sidang Pergantian Identitas di Pengadilan Negeri Eks atliet voli putri Aprilia Manganang. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @manganang92

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sersan Dua Aprilia Manganang menjalani sidang perubahan status jenis kelamin dan pergantian nama di Pengadilan Negeri Tondano secara virtual pada hari ini, Jumat (19/3/2021).

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa mengatakan, Aprilia Manganang dan orangtuanya akan dihadirkan di sidang itu dari Markas Besar Angkatan Darat. Mereka hadir sebagai saksi.

Setelah sidang, Andika mengatakan, Aprilia Manganang akan memberikan keterangan kepada awak media.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

BACA JUGA : Bukan Wanita maupun Transgender, Ini Arti

"Setelah sidang, akan dilanjutkan jumpa media dengan Sersan Manganang," kata Andika saat dihubungi Senin (15/3/2021).

Andika sebelumnya mengungkapkan, bahwa mantan atlet voli putri yang kini menjadi prajurit TNI itu bakal mendapatkan bantuan dalam pengurusan administrasi pergantian identitas setelah diketahui jenis kelaminya pria berdasarkan pemeriksaan medis beberapa waktu lalu.

"Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang agar mendapatkan apa yang diinginkan," kata Andika saat jumpa pers di Mabesad, Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Perubahan nama ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan.

Andika berharap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan menetapkan perubahan status jenis kelamin dan nama baru untuk Manganang. Selanjutnya, TNI akan melakukan evaluasi untuk memberikan tugas yang lebih pas untuk Manganang.

Advertisement

BACA JUGA : Kasus Hipospadia Aprilia Manganang

Menurut Andika, Manganang sejak lahir sebenarnya berjenis kelamin pria. Namun, dia mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia sehingga dinyatakan berjenis kelamin perempuan.

Setelah dilakukan pemeriksaan medis secara mendetail di Rumah Sakit Angkatan Darat Walter Monginsidi, Manado, dan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada Februari lalu, baru diketahui secara gamblang bahwa Aprilia Manganang berjenis kelamin pria. Mantan atlet voli putri ini pun mengurus perubahan jenis kelaminnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Pria Ditemukan Meninggal di Kamar Kos di Pleret Bantul

Bantul
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement