Menhub Bolehkan Mudik Lebaran, Begini Kata Jubir Penanganan Covid-19

Sebagai ilustrasi: Sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5). /ANTARA FOTO - Rivan Awal Lingga]
16 Maret 2021 21:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Kepastian mengenai mudik Lebaran antar-instansi Pemerintah Pusat belum seragam.

Kementerian Perhubungan menyatakan tidak melarang masyarakat melakukan mudik Lebaran tahun ini. Terkait mudik Lebaran, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa soal mudik lebaran nanti masih dalam pembahasan.

Pemerintah hingga kini masih belum memutuskan apakah mudik akan kembali dilarang seperti tahun lalu atau akan dibuka kembali.

“Sejauh ini untuk kebijakan terkait mudik lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian/lembaga terkait,” katanya dalam konferensi persnya, Selasa (16/3/2021).

BACA JUGA: Makin Banyak Negara Tolak Vaksin AstraZeneca, WHO Langsung Gelar Pertemuan

Namun begitu, dia meminta agar masyarakat tetap bijak apapun keputusan soal mudik. Baik nantinya diperbolehkan ataupun dilarang.

“Prinsipnya, dilarang atau tidaknya mudik saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat untuk dapat mengambil keputusan yang terbaik. Khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” ungkapnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan tidak akan melarang. Namun begitu pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 terkait hal ini

"Dapat kami kemukakan terkait dengan mudik 2021, pada prinsipnya pemerintah melalui kementerian perhubungan tidak melarang," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Izin Mudik Lebaran Masih dalam Pembahasan"

Sumber : Okezone.com