Hari Ini, Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 Mulai Dibuka

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Airlangga Surabaya. - Antara\\n\\n
15 Maret 2021 11:47 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bagi siswa lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 yang telah melakukan registrasi akun dan simpan permanen segera diminta mendaftarkan diri pada ujian tulis berbasis komputer (UTBK)-SBMPTN 2021 mulai hari ini Senin (15/3/2021), pukul 15.00 WIB.

Dikutip dari akun resmi LTMPT @ltmptofficial, Senin (15/3/2021), para peserta disarankan menggunakan perangkat laptop atau komputer guna menghindari kesalahan dalam pengisian data saat pendaftaran.

BACA JUGA : Pendaftaran Akun untuk UTBK SBMPTN Diperpanjang

Untuk data daftar pusat UTBK, daftar perguruan tinggi negeri (PTN)  dan Poltek, serta jadwal kegiatan selengkapnya dapat diunduh pada laman ltmpt.ac.id menu unduhan.

Sementara itu,  Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Profesor Samsul Rizal mengimbau kepada peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk tidak mendaftar UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 sebelum ada pengumuman kelulusan.

“Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan Surat Edaran terkait UTBK SBMPTN dan ada beberapa poin penting dalam surat tersebut yang patut menjadi perhatian peserta ujian ini,” katanya di Banda Aceh, Minggu (14/3/2021) dikutip dari Antara.

Dia menyebut, bahwa dalam edaran tersebut peserta yang telah dinyatakan lulus SNMPTN tidak dapat mendaftar pada jalur UTBK SBMPTN 2021, karena itu perlu menunggu pengumuman.

BACA JUGA : Kalahkan DKI Jakarta, Nilai UTBK SBMPTN DIY Paling Tinggi 

“Jika peserta SNMPTN 2021 ini melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan ternyata lolos SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi UTBK SBMPTN yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik lagi,” katanya.

Dia meminta kepada peserta SNMPTN ini untuk bersabar sejenak dan jika ingin mendaftar SBMPTN, dapat memastikan terlebih dahulu kelulusannya di SNMPTN yang akan diumumkan pada pada 22 Maret 2021.

UTBK untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 dibuka mulai tanggal 15 Maret 2021 hingga 1 April 2021.

Adapun terkait sistem pembayaran, LTMPT mengeluarkan Surat Edaran khusus untuk Provinsi Aceh karena sistem perbankan di Aceh yang telah berubah menjadi syariah semenjak diberlakukannya Qanun No.11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah, sehingga seluruh mitra bank LTMPT pada tahun 2021 tidak memiliki kantor operasional lagi di Aceh.

Karena itu, surat edaran tersebut menjelaskan, untuk Aceh sistem pembayarannya dapat dilakukan dengan beberapa cara, pertama, dapat melalui mobile banking, internet banking, atau sms banking pada bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN bagi pemilik rekening terkait.

Kedua, dapat melalui ATM Mandiri, BNI, dan BTN pada beberapa lokasi di provinsi Aceh yang masih beroperasi dan ketiga, melalui teller di Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BTN Syariah pada beberapa lokasi di provinsi Aceh.

BACA JUGA : Hari Ini, Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 Dibuka. Begini

“Daftar ATM Bank Konvensional yang masih beroperasi dan bank syariah yang melayani pembayaran melalui teller ini dapat dilihat di laman website resmi LTMPT.ac.id,” kata rektor.

Untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi ini, peserta dapat melihatnya di website resmi LTMPT, dan apabila ada kendala selama proses pendaftaran atau lainnya dapat menghubungi helpdesk LTMPT, atau Humas USK pada nomor 08116752000.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia