Rumah Ukuran Super Kecil Viral, Hanya 13 Meter Persegi

Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com
13 Maret 2021 14:17 WIB Rezha Hadyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Warganet heboh dengan hadirnya rumah dengan ukuran sangat kecil yang dikembangkan oleh PT Modernland Realty Tbk. di Cilejit, Tangerang. Rumah tersebut memiliki luas bangunan hanya 13 meter persegi dengan luas tanah 60 meter persegi, tanpa kamar tidur layaknya apartemen bertipe studio.

Rumah yang dijual dengan harga Rp150 jutaan itu mengusung konsep rumah tumbuh atau rumah yang bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di masa depan. Rumah dengan konsep tersebut diklaim menjadi incaran generasi milenial saat ini.

Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia Lukas Bong menilai rumah dengan ukuran sangat kecil itu merupakan salah satu siasat pengembang untuk menghadapi rendahnya daya beli masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Dia menampik bahwa rumah seperti itu digandrungi oleh generasi milenial.

“Sebenarnya untuk menyiasati agar unit [rumah] itu bisa terbeli oleh masyarakat yang daya belinya sedang turun, khususnya generasi milenial,” katanya kepada JIBI belum lama ini.

Di sisi lain, Lukas mengungkapkan pandemi Covid-19 telah mengubah preferensi generasi milenial dalam memilih tempat tinggal. Apabila sebelumnya mereka memilih tinggal di apartemen yang ada di tengah kota, kini preferensi mereka justru kembali ke rumah tapak seperti orang tuanya atau generasi baby boomers.

“Mereka kembali mencari rumah tapak yang murah dan suasananya asri, berada di pinggiran kota. Bukan apartemen lagi di tengah kota dengan berbagai fasilitasnya,” tuturnya.

Selain harga, aksesibilitas tentunya menjadi pertimbangan utama dalam membeli rumah. Menurut Lukas, lokasi yang dapat diakses menggunakan kereta rel listrik (KRL) menjadi favorit generasi milenial, terutama yang bekerja di sekitar Ibukota.

“Walaupun berada di pinggir kota atau jauh dari pusat kota, rumah itu harus mudah diakses menggunakan angkutan umum, khususnya KRL, itu yang penting bagi [generasi] milenial,” ujar dia.

Sebelumnya, Modernland Realty meluncurkan rumah tipe L5 dengan luas bangunan 13 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi ditawarkan seharga mulai dari Rp150 jutaan yang bisa dicicil dengan menggunakan fasilitas KPR yakni hanya Rp1,4 juta per bulan.

"Kami memasarkan rumah tipe studio landed home yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial dengan harga sangat terjangkau. Jumlahnya tidak banyak, hanya 100 unit. Jadi segera manfaatkan kesempatan baik ini sebelum kehabisan,” ujar Helen Hamzah, Director Marketing Urban Development Modernland Realty.

Rumah yang ditawarkan berkonsep rumah tumbuh. Artinya, ke depan rumah ini bisa dikembangkan atau dibangun sesuai kebutuhan, dari hanya 1 kamar bisa dikembangkan menjadi 2 kamar. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia