Lansia Kota Magelang Diatar Jemput dengan Bus untuk Vaksinasi Covid-19

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menyaksikan vaksinasi Covid-19 untuk lansia Kota Magelang, Selasa (9/3/2021). - Ist/dok Prokompim Pemkot Magelang
09 Maret 2021 21:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, KOTA MAGELANG - Para orang lanjut usia (lansia) di Kota Magelang mulai disuntik vaksin covid-19. Gelombang pertama dilaksanakan di gedung Ayodya RSJ Prof Dr Soerojo Kota Magelang, Selasa (9/3/2021). Sebanyak 267 orang lansia mengikuti vaksinasi gelombang ini.

Para lansia itu diantar jemput dengan bus. RSJ Prof Dr Soerojo menyediakan satu unit bus untuk mengantar jemput para lansia peserta vaksinasi. Langkah ini patut dicontoh sebagai bentuk pelayanan bagi para lansia.

"Luar biasa RSJ Prof Dr. Soerojo ini yang menyediakan mobil untuk penjemutan para lansia. Patut dicontoh kalau kita mengundang mereka," ungkap Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz saat membuka pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia Kota Magelang, Selasa.

Baca juga: Tunggu Hasil Uji Swab 17 Pamong Desa, Kantor Kalurahan Bojong Kulonprogo Ditutup

Ia menjelaskan vaksinasi Covid-19 merupakan upaya pemerintah untuk menekan penyebaran covid-19. Ia pun berharap pelaksanaannya berjalan lancar, dan tidak ada efek yang berarti.

"Hari ini saya buka kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah pusat terhadap masyarakat, dengan vaksin ini akan timbul herd imunity atau kekebalan kelompok," kata dr. Aziz.

Ia melanjutkan, lansia menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 setelah sasaran sumber daya manusia kesehatan (SDMK), pelayan publik, TNI, Polri dan prioritas lainnya. Lansia merupakan kelompok rentan tertular virus corona. Dokter spesialis penyakit dalam itu pun berharap tidak ada efek berarti yang terjadi setelah lansia divaksin.

Baca juga: Kasus Covid-19 Klaster Hajatan, 47 Warga Bojong Kulonprogo Diuji Swab

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto, mengatakan sasaran vaksinasi untuk lansia di Kota Magelang sebanyak 30 orang per RW. Adapun di Kota Magelang ada 192 RW. Selain lansia, pada gelombang ini juga diikutkan para pelayan masyarakat yakni Ketua RT, sebanyak 132 orang.

"Sejauh ini tidak ada yang menolak divaksin. Masyarakat senang. Kalau tidak lolos skrining ada, ada yang karena demam, flu, gula darah meningkat, hipertensi, stroke dan komplikasi jantung," terangnya.

Direktur Utama RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, dr Eniarti menyebutkan lansia yang divaksin di RSJ Prof Dr Soerojo mayoritas adalah warga kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara. Pihaknya menyediakan bus untuk menjemput dan mengantar pulang mereka.

"Kami siapkan angkutan 1 bus untuk menjemput dan mengantar para orang tua peserta vaksinasi. Kalau anak-anak mereka tidak bisa mendampingi, maka kami adalah anak-anak Bapak/Ibu semua," katanya.

Pihaknya berterimakasih kepada para peserta vaksinasi, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang yang telah mempercayakan RSJ Prof Dr Soerojo sebagai tempat vaksinasi Covid-19 ini. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 dosis, dosis berikutnya akan diberikan pada 28 Maret 2021.

"Untuk hari ini dilaksanakan 1 dosis vaksinasi dan dosis kedua pada tanggal 28 Maret 2021 nanti," ucapnya.

Ia mengingatkan masyarakat secara umum untuk tetap patuh pada protokol kesehatan meskipun telah divaksin.