Advertisement

Asteroid Raksasa Akan Lewati Bumi Pekan Depan

Dionisio Damara
Sabtu, 27 Februari 2021 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Asteroid Raksasa Akan Lewati Bumi Pekan Depan Ilustrasi asteroid melintasi bumi dan berpotensi berbahaya - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Asteroid berukuran tujuh kali lebih besar dari jam Big Ben diprediksi akan mendekati bumi pada pekan depan. Asteroid ini juga dianggap berbahaya.

Pelacak asteroid NASA mengonfirmasi bahwa batuan luar angkasa itu cukup besar untuk dianggap berpotensi berbahaya bagi bumi.

Advertisement

Asteroid, yang diperkirakan berukuran antara 310 m dan 680 m itu akan melewati bumi awal pekan depan dan datang 1,8 juta mil dari Bumi. Para astronom menamainya RM45.

Para astronom di Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA (CNEOS) telah melacak batu tersebut dan mengawasi kehadirannya ketika mendekat.  Benda luar angkasa dianggap dekat dengan bumi ketika dia berjarak 0,05 unit astronomi (au) atau sekitar 4,6 juta mil.

"Perhatikan bahwa lintasan 'dekat' secara astronomis bisa sangat jauh dalam istilah manusia. Jutaan atau bahkan puluhan juta kilometer," tulis NASA dalam keterangan resminya, dikutip dari Express, Sabtu (27/2/2021).

Asteroid dan komet dianggap berpotensi berbahaya jika berada dalam jarak 0,05au dari bumi dan berukuran setidaknya 140m.

Objek sebesar ini berpotensi menyebabkan kerusakan yang cukup besar, meski itu tidak berarti bahwa ancaman akan segera terjadi atau sama sekali ada.

Pelacak NASA di CNEOS memperkirakan asteroid itu terbang di luar angkasa dengan kecepatan sekitar 20 km per detik atau 44.828 mph. Sebagai perbandingan, kecepatan suaranya hanya sekitar 767mph.

Asteroid RM45 akan melakukan pendekatan terdekat pada 2 Maret 2021 dan datang dalam jarak 0,01959au dari bumi atau tujuh kali lebih jauh dari bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo Khusus Libur Iduladha 15-18 Juni 2024

Jogja
| Sabtu, 15 Juni 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement