Operator Transportasi Mendapat Vaksin pada Maret-April

Ilustrasi vaksinasi - Antara
26 Februari 2021 23:47 WIB Anitana Widya Puspa News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi bagi para pelaku dan awak operator transportasi pada periode Maret sampai dengan April 2021 dengan ketersediaan sekitar 1,2 juta dosis vaksin.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia mengatakan bahwa saat ini telah mendata dengan mengirimkan surat kepada kementerian dan lembaga terkait. Dia menyebutkan bahwa pada prinsipnya Kemenkes terbuka terkait dengan usulan dan harapan bagi para pelaku dan awak transportasi tersebut. Saat ini, terkait sasarannya juga masih terus difinalkan.

“Tentunya mereka [awak transportasi] juga diprioritaskan, tetapi sesuai ketersediaan vaksin. Antara Maret—April ya. Datanya belum final sekitar 1,2 juta dosis,” ujarnya kepada JIBI, Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, pelaksanaannya akan disesuaikan dengan yang telah dimintakan oleh institusi terkait. Sebagian besar adalah operator dan pelaku transportasi darat.

Indonesia mulai memasuki tahap kedua program vaksinasi Covid-19 yang menyasar warga lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun dan pekerja publik.

Pada Senin (22/2/2021), vaksinasi ini ditargetkan menyasar 38.513.446 orang yang diharapkan rampung divaksinasi pada Mei 2021.

Sebelumnya, tahap kedua vaksinasi untuk menekan angka penularan dan penyebaran virus corona ini telah dimulai pada 17 Februari lalu yang menyasar para pedagang pasar di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Selanjutnya, pada vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini akan dilakukan secara bertahap di tujuh provinsi di Jawa dan Bali.

Kementerian Kesehatan RI juga pada Kamis, 25 Februari 2021, telah melaksanakan vaksinasi untuk sekitar seribu awak media massa di DKI Jakarta. Vaksinasi dilaksanakan di Hall A Basket, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Vaksinasi tahap pertama untuk para awak media itu dilakukan hingga Sabtu, 27 Februari 2021.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia