Advertisement

Besok Pagi, Putra Sulung Jokowi Gibran Resmi Jadi Wali Kota Solo

Kurniawan
Kamis, 25 Februari 2021 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Besok Pagi, Putra Sulung Jokowi Gibran Resmi Jadi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Teguh Prakosa (kanan) memberikan keterangan kepada Wartawan saat berada di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/7/2020). ANTARA FOTO - Mohammad Ayudha

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Pelantikan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo akan digelar di Gedung DPRD Solo, Jumat (26/2/2021). Pelantikan hanyaakan dihadiri 25 orang.

Ke-25 orang itu termasuk pasangan Gibran dan Teguh dan istri masing-masing. Istri Gibran yakni Selvi Ananda sekaligus akan dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda.

Advertisement

Selain itu, undangan pelantikan terdiri dari unsur Forkompimda, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kemudian Plh Wali Kota beserta istri dan mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo.

Baca juga: Gunungkidul Diminta Perbarui Peta Kerawanan Covid-19 Tingkat RT

Pelantikan Gibran dan Teguh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo bakal dimulai pukul 08.00 WIB. Pelantikan berlangsung secara virtual, karena menerapkan protokol kesehatan.

Lokasi pelantikan berubah dari rencana sebelumnya, yakni di Balai Tawangarum, Kompleks Balai Kota Solo. Hal itu sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Solo, Wahyu Kristina, mengatakan pelantikan di Gedung DPRD itu untuk efektivitas. Seusai pelantikan Gibran dan Teguh  dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD Solo dengan agenda pidato pertama wali kota.

“Tadinya rencana pelantikan di Tawang Arum Balai Kota, kemudian rapat paripurna pada 1 Maret di Gedung DPRD. Jadinya kan harus dua kali kegiatan, akhirnya provinsi mengarahkan pelaksanaan dirangkaikan menjadi satu,” katanya kepada wartawan, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Pemkab Kulonprogo Dorong Budidaya Perikanan

Selain efektivitas, kursi di ruang paripurna DPRD Solo juga sudah ditata berjarak, sehingga memenuhi protokol kesehatan. Wahyu Kristina mengatakan, pelantikan akan berlangsung secara virtual. Sebagai persiapan, geladi bersih akan digelar di Gedung DPRD sehari sebelum acara.

Geladi bersih itu bersamaan dengan 17 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pilkada 2020 lalu.

“Kami hanya menunggu giliran. Hanya bedanya Pak Gubernur berkenan menyaksikan di Solo,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement