Advertisement

Ini 2 Gejala Covid-19 yang Bisa Mematikan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 22 Februari 2021 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini 2 Gejala Covid-19 yang Bisa Mematikan Pusing - Boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gejala covid-19 terus meningkat dan meluas, dan munculnya strain baru dan mutasi virus telah menambah deretan gejalanya.

Meskipun demikian, ada beberapa gejala ringan dapat diobati di rumah. Tetapi, ada bebera[a  tanda-tanda Covid-19 tertentu yang dapat berakibat fatal dan harus segera ditangani.

Advertisement

Selain tiga gejala klasik COVID, yaitu demam, batuk kering, dan kelelahan, terdapat gejala SARs-COV-2 parah lainnya yang dapat mengancam jiwa dan harus segera ditangani dengan pengawasan medis.

Dalam sebuah wawancara, Dr. Luke Pratsides, seorang dokter utama di klinik kesehatan pria Numan, menggambarkan tiga tanda COVID-19 yang dapat berakibat fatal seperti dikutip dari Times of India berikut ini :

1. Napas pendek

?Menurut Dr. Pratsides, "Pengukur terbaik apakah gejala Covid memburuk adalah memburuknya sesak napas dan sejauh mana Anda dapat melakukan aktivitas normal sehari-hari, mencuci, berpakaian, memasak, naik tangga dan antar ruangan di rumah. "

BACA JUGA: Sebut Pemakaman Covid seperti Pemakaman Anjing, Anggota DPRD Bantul Digeruduk Puluhan Sukarelawan

Dia menyarankan pemantauan oksigen di rumah dan juga meminta pasien untuk mencari bantuan medis untuk hal yang sama.

Ketidakmampuan untuk membentuk kalimat atau menyelesaikan satu kalimat penuh tanpa berhenti untuk mengambil napas atau istirahat juga dilihat sebagai kemungkinan infeksi Covid-19 yang parah.

2. Pusing atau tidak sadarkan diri secara tiba-tiba

Menurut dr. Selain itu, jika seseorang merasa pusing atau pingsan karena gejala yang mendasari COVID, maka ini bisa menjadi kritis atau serius.

Dia menjelaskan, "Tanda-tanda ini berarti Anda tidak lagi mendapatkan cukup oksigen dan mungkin mengalami sindrom gangguan pernapasan akut, kondisi yang mengancam jiwa yang ditandai dengan peradangan paru-paru yang parah."

"Bahkan dengan COVID-19 kritis, jika Anda mendapatkan perawatan di rumah sakit dengan cepat, Anda memiliki peluang untuk bertahan hidup dan pulih," tambahnya.

Selain gejala COVID-19 yang parah, gejala yang paling umum tetap sama. Karena itu, berikut beberapa gejala klasik COVID-19 yang harus diwaspadai.

- Demam

- Batuk kering

- Sakit tenggorokan

- Hidung berair dan tersumbat

- Kelelahan

- Hilangnya indera penciuman dan perasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement