Ramadan, Vaksinasi Tetap Jalan. Bagaimana dengan yang Berpuasa?

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
21 Februari 2021 10:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemberian vaksin tetap dilakukan pada bulan Ramadan. Presiden Joko Widodo menyampaikan umat muslim yang sedang berpuasa, vaksin akan diberikan pada malam hari, setelah berbuka puasa.

"Bulan puasa mungkin kita akan tetap vaksinasi yaitu di malam hari. Kemudian yang di siang hari di daerah-daerah yang non muslim. Akan kita tetap lakukan di bulan puasa," ujar Jokowi saat berbincang dengan para pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka, Jakarta dalam video rekaman yang diunggah Sekretariat Presiden, Sabtu (20/2/2021).

Jokowi mengungkapkan pada tahap pertama sebanyak 3 juta vaksin Covid-19 diperuntukkan untuk tenaga kesehatan. Sementara 7 juta vaksin Covid-19 produksi Bio Farma akan diprioritaskan kepada petugas pelayanan publik, pekerja publik, TNI-Polri.

"Di tahapan kedua ini sudah masuk lagi untuk didistribusikan yaitu 7 juta vaksin yang mulai dipertengahan Februari ini akan kita fokuskan untuk pelayan-pelayan publik, atlet, pekerja publik, dan juga di dalamnya termasuk TNI/Polri yang banyak berinteraksi dengan publik," kata dia

Selanjutnya vaksinasi juga diberikan kepada wartawan, atlet pekerja di industri jasa, hingga pedagang pasar.

"Wartawan juga masuk di sini. Kemudian atlet juga masuk, pekerja-pekerja di kantor juga yang sering berhubungan dengan publik di industri jasa keuangan, juga para pedagang pasar yang sering berinteraksi dan punya mobilitas yang tinggi. Ini akan kita dahulukan," tutur Jokowi.

Kemudian Jokowi menyebut pada awal Maret juga akan keluar 11 juta vaksin yang sama.

"Plus yang jadi prioritas adalah lansia meskipun sudah kita mulai minggu lalu," tutup dia.

Sumber : suara.com