Advertisement

PLN Berhasil Pulihkan Sebagian Listrik Pasca Banjir

Media Digital
Minggu, 07 Februari 2021 - 18:47 WIB
Nina Atmasari
PLN Berhasil Pulihkan Sebagian Listrik Pasca Banjir PLN berhasil memulihkan sebagian aliran listrik masyarakat yang terdampak banjir di Semarang, Jawa Tengah. - Ist/dok PLN

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG – Pasca terjadinya banjir di Kota Semarang, PLN berhasil memulihkan sebagian aliran listrik masyarakat yang terdampak.

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (UID Jateng & DIY), Elly Oktaviani Ciptati mengatakan PLN berupaya mengutamakan keselamatan warga yang terdampak banjir dengan menghentikan aliran listrik sementara.

Advertisement

"Pada daerah yang masih terendam banjir, PLN terpaksa menghentikan sementara aliran listrik, setelah banjir surut dan dipastikan aman, listrik baru bisa dinyalakan,” ujarnya, dalam rilis, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: PLN Sambut Positif Kerja Sama Dukung Ekosistem Kendaraaan Listrik

Seperti yang diketahui, hujan lebat yang melanda pada Sabtu (6/2/2021) dini hari menyebabkan banjir di beberapa titik di Semarang.

Sampai dengan pukul 13.00 WIB, PLN telah berhasil memulihkan 64% gardu distribusi dan 54% pelanggan.

"Sebanyak 692 dari 1.069 unit gardu distribusi yang terdampak banjir sudah berhasil dipulihkan kembali. Dengan kata lain sebanyak 35.443 dari 64.680 pelanggan yang terdampak banjir sudah kembali menikmati pasokan listrik," imbuhnya.

PLN terus memantau daerah-daerah yang terdampak agar dapat segera menormalkan kembali pasokan listrik apabila kondisinya telah aman bagi masyarakat.

Baca juga: Peringati HPN 2021, PWK Bagikan Ratusan Paket Sembako dan Penanaman Pohon

Berdasarkan pantauan BMKG per tanggal 7 Februari 2021, Kota Semarang masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang. Untuk Jawa Tengah sendiri diperkirakan terjadi hujan lokal serta hujan dengan intensitas sedang di daerah Pantura. Oleh karena itu diimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi bencana.

"Kami selalu mengimbau masyarakat agar memperhatikan potensi bahaya listrik saat banjir dengan cara mematikan instalasi listrik di dalam rumah, mencabut colokan listrik, dan memindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar benar kering sebelum dipakai kembali," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Wacana Pilihan Lurah di Gunungkidul Tahun Depan Digelar Dua Kali

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement