Hari Pertama Jateng di Rumah Saja, Kawasan Borobudur Sepi

Kegiatan operasi yustisi di Borobudur, Sabtu (6/2/2021). - Ist/dok Polres Magelang
07 Februari 2021 00:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG-  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerapkan program Jateng Di Rumah Saja selama dua hari, pada Sabtu –Minggu (6-7/2/2021). Guna mendukung tersebut, Polres Magelang bersama Kodim 0705/Magelang serta Kecamatan Borobudur melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kegiatan dilaksanakan melalui operasi yustisi dan membagi masker kepada masyarakat di Pasar Borobudur dan di jalan raya area pintu masuk Taman Wisata Candi Borobudur, Sabtu (6/2/2021), Pagi.

Kapolres Magelang melalui Kasubbagbinops Bagops  Polres Magelang AKP Rinto Sutopo memgatakan dari pemantauan saat kegiatan, masyarakat sudah tertib memakai masker. Namun, masih ada beberapa warga yang ditemukan menggunakan masker yang sudah tidak layak dipakai sehingga perlu diganti yang baru dan layak pakai.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Secara Global Diperkirakan Baru Berakhir 7 Tahun Lagi

"Saat pemantauan  masyarakat sudah tertib pakai masker , namun kita temukan kebanyakan masyarakat masker yang dipakai sudah tidak layak pakai sehingga kita beri yang baru dan pastinya layak pakai," ujarnya, di sela kegiatan.

Lebih lanjut AKP Rinto Sutopo mengatakan hasil pemantauan pasar cukup sepi, hal ini berarti tingkat kesadaran masyarakat untuk melaksanakan Program Jateng Di Rumah Saja dapat terlaksana dengan baik.

"Hari ini pasar sepi, berarti tingkat kesadaran masyarakat untuk melaksanakan program Jateng Di Rumah saja menurut kami bisa terlaksana dengan baik,” tambahnya.

Baca juga: Ganjar Nilai Jateng di Rumah Saja Hari Pertama Berjalan Bagus

Sementara kegiatan yang dilaksanakan di jalan raya depan  pintu masuk Taman Candi Borobudur terlihat beberapa masyarakat pengguna jalan sudah tertib menggunakan masker.

Masker yang dibagikan oleh Polres Magelang besama Kodim 0705/ Magelang serta Kecamatan Borobudur sebanyak 1.000 pcs.

Petugas gabungan dari unsur TNI -  Polri dan Kecamatan Borbudur  yang terlibat dalam kegiatan sebanyak 50 personel. Di antaranya 35 personel Polres dan Polsek Borobudur, 10 orang personel Koramil Borobudur dan lima personel dari Trantib Kecamatan Borobudur.

"Harapan kami dengan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dan pembagian masker kepada masyarakat secara masif  dapat membuat peningkatan disiplin masyarakat dalam melaksanaan protokol kesehatan  memakai masker sehingga penularan Civud 19 dapat menurun di wilayah Kabupaten Magelang," pungkasnya.