Malang Digegerkan Suara Dentuman, BMKG Sebut Tak Ada Anomali Seismik

Catatan seismik BMKG
03 Februari 2021 11:07 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Warga Malang Jawa Timur dikabarkan mendengar adanya suara dentuman misterius yang terjadi sejak Selasa malam (2/2/2021) sekitar pukul 23.40 WIB.

Dentuman terjadi hingga Rabu pagi ini. Bahkan suara dentuman misterius itu kabarnya sempat menggetarkan kaca - kaca rumah dan membuat warga keluar rumah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan BMKG wilayah Malang tidak mencatat adanya anomali seismik dalam rentang waktu terdengarnya suara dentuman itu.

BACA JUGA : Misteri Dentuman Selasa Dinihari di Sleman, Ini Kata

"Untuk teman-teman di Malang yang melaporkan pada pukul 00.50 WIB – 1.18 WIB dan pukul 03.00 WIB – 03.22 WIB mendengar suara dentuman misterius, ini catatan sensor BMKG di Pandaan (MLJI) tidak mencatat anomali seismik," tulisnya di akun twitternya. 

Dia sendiri tidak memaparkan penyebab dan sumber misterius itu.

Namun, Daryono mengatakan sumber suara dentuman itu bnyk, bisa shockwave meteorit, shockwave gunung api, shockwave pesawat supersonik, bahan peledak, longsoran tanah skala luas, gempa sangat dangkal, dan thunderstorm.

BACA JUGA : Dentuman Misterius Terdengar di Lampung, Ini Penjelasan

"Semua itu bisa menjadi penyebab munculnya suara dentuman. Masyarakat jangan panik apalagi kaitkan dengan hal-hal supranatural," tambahnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia