Mumi Berlidah Emas Berumur 2.000 Tahun Ditemukan di Mesir

Mumi lidah emas - Live Science
02 Februari 2021 23:27 WIB Desyinta Nuraini News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Para arkeolog menemukan mumi yang diperkirakan berusia 2.000 tahun dengan lidah emas di situs Mesir kuno, Taposiris Magna.

Menurut Live Science, Selasa (2/2/2021), Kementerian Barang Antik Mesir menduga pembalseman mungkin menjadi penyebab lidah emas pada mumi untuk memastikan bahwa mayat tersebut dapat berbicara di akhirat.

Misalnya, jika mumi berlidah emas bertemu dengan Osiris, dewa yang dipercaya menguasai akhirat, mereka diyakini bisa berbincang.

Tidak jelas apakah mumi itu memiliki gangguan bicara saat masih hidup. Begitu pula mengapa lidah secara khusus terbuat dari emas.

Para arkeolog, yang dipimpin oleh Kathleen Martinez, dari Republik Dominika, menemukan mumi di salah satu dari 16 pemakaman di Taposiris Magna. Pemakaman itu memiliki kuil yang didedikasikan untuk Osiris dan Isis, seorang dewi yang merupakan istri dan saudara perempuan Osiris.

Sebelumnya, para arkeolog menemukan tumpukan koin yang dihiasi dengan wajah Cleopatra VII, yang menunjukkan bahwa kuil-kuil itu digunakan selama pemerintahannya.

Di sisi lain, arkeolog juga menemukan 15 mumi lainnya juga berusia sekitar 2.000 tahun. Di dalam makan itu mereka menemukam harta karun.

Salah satunya, seorang mumi perempuan mengenakan topeng kematian yang menutupi sebagian besar tubuhnya dan menggambarkannya dengan hiasan kepala sambil tersenyum.

Dua mumi ditemukan dengan sisa-sisa gulungan, yang saat ini sedang dianalisis dan diuraikan oleh para ahli. Lapisan yang diplester, atau karton, yang membungkus salah satu mumi ini memiliki dekorasi emas Osiris.

Para peneliti juga menemukan beberapa patung yang menggambarkan orang-orang yang dimakamkan di situs tersebut. Patung-patung itu terawat dengan sangat baik.

Bahkan Anda bisa melihat gaya rambut dan hiasan kepala individu di patung-patung yang tidak memiliki ekspresi senyum itu.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia