DAMRI Lakukan Digitalisasi Sistem untuk Permudah Layanan

Bus Damri. - Dok. Istimewa/DAMRI
28 Januari 2021 11:37 WIB Rahmi Yati News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - PT Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) telah menyiapkan dukungan teknologi informasi untuk sistem manajemen dan kontrol untuk terus mendukung program digitalisasi dalam mempermudah layanan ke pelanggan.

Direktur Utama DAMRI Setia N. Milatia Moemin mengatakan sistem itu mempermudah aliran informasi antara operasional dengan platform pusat untuk memastikan kinerja armada DAMRI kian produktif.

"Data tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada dan layanan," katanya kepada Bisnis.com, Rabu (27/1/2021).

Sebagai salah satu penerapan digitalisasi ungkap Setia, DAMRI telah menerapkan pembelian tiket secara online melalui situs resmi tiket.damri.co.id atau melalui aplikasi DAMRI Apps yang terdapat di Playstore.

"Ke depannya DAMRI Apps juga akan segera hadir di Appstore. Selain itu, DAMRI telah bekerjasama dengan agen penjualan online resmi," jelasnya.

Setia menjelaskan sejauh ini sistem digitalisasi telah mempermudah pelanggan mendapatkan layanan. Pasalnya untuk pembelian tiket sendiri sudah sangat mudah dengan berbagai pilihan rute dan metode pembayaran yang beragam.

"Tingkat minat penumpang membeli [tiket] dengan menggunakan pembelian online sudah lebih dari 80 persen. Dengan metode ini pelanggan tidak perlu lagi datang ke loket untuk reservasi. DAMRI juga memberikan diskon khusus untuk pembelian lewat website dan Apps," tutur Setia.

Baca juga: YIA dan Adi Soemarmo Siap Hadapi Erupsi Gunung Merapi

Dia menambahkan digitalisasi ini merupakan upaya DAMRI memastikan standar pelayanan dan keselamatan penumpang. Perseroan senantiasa memberikan pelayanan terbaik yang tidak hanya aman, namun juga nyaman.

Terlebih, lanjutnya, pada masa pandemi ini DAMRI telah memperketat protokol kesehatan sehingga dengan sistem digitalisasi kontak fisik secara langsung dapat diminimalisir.

Sumber : bisnis.com