Ingatkan tentang Suara Roh Kudus hingga Ucapkan Hari Suci Siwaratri, Kemenag RI Banjir Pujian

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. - Ist/ dok Kemenag
13 Januari 2021 07:17 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kementerian Agama RI menjadi sorotan setelah dipimpin oleh menteri baru, yakni Yaqut Cholil Qoumas. Sejumlah aksi yang dilakukan kementerian tersebut mendapat pujian dari warganet.

Yaqut Cholil Qoumas dilantik menjadi Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Desember 2021 menggantikan Fachrul Razi, saat reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Yaqut Cholil Qoumas merupakan Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Setelah memimpin Kemenag, Yaqut melakukan sejumlah kebijakan. Yang paling menonjol adalah saat ia mengucapkan selamat Natal pada Hari Raya Natal 2020. Pidato berisi ucapan selamat natal tersebut diunggah dalam kanal YouTube Kementerian Agama pada 23 Desember 2020.

Rupanya, aksi toleransi antarumat beragama tidak berhenti di situ. Menag Yaqut terus memberikan sejumlah ucapan dan informasi tentang agama-agama lain melalui media sosial twitter.

Baca juga: Gegara Bercanda Pakai Stiker WhatsApp, Anak Kos Dicekik Warga Sleman

Akun twitter resmi Kementerian Agama yakni @Kemenag_RI kini secara aktif mengunggah sejumlah hal tentang agama yang ada di Indonesia, bukan hanya tentang Agama Islam.

Pada Minggu (10/1/2021), akun tersebut mengunggah informasi tentang agama Kristen. Kemenag mengungatkan umat Kristiani untuk lebih peka terhadap suara Roh Kudus.

"Tetaplah peka dgn suara Roh Kudus untuk apa yg harus kita kerjakan hari ini. Kalau ada teman yg menyapa, menegur, memanggil, mengajak, menjelaskan mungkin itu suara Roh Kudus, jangan keraskan hatimu. Hari ini menentukan untuk besok," tulis akun tersebut sambil mengunggah tautan tentang mimbar Agama Kristen.

Unggahan tersebut langsung mendapatkan sambutan positif dari warganet. Hingga saat ini, unggahan tersebut dibagikan ulang lebih dari seribu kali, dikomentari 358 warganet, dan disukai lebih dari 4.600 warganet.

Baca juga: Peringati Hari Jadi, Legislator Kulonprogo Sambangi Mantan Bupati

Selanjutnya, pada Senin (11/1/2021), akun Kemenag membagikan informasi tentang agama Hindu, dengan materi tujuh bagian pilar utama Hindu

"Tujuh bagian pilar utama Hindu: Sila (Etika), Yadnya (persembahan suci), Tapa (pengendalian diri), Dhanam (baik materi, pengetahuan, maupun pengajaran), Prawrejya (penyucian), Bhiksu (sesana pandita & pemangku), dan Yoga (pemusatan pikiran)." tulis unggahan tersebut.

Unggahan ini dibagikan ulang 332 kali, dikomentari 52 kali dan disukai lebih dari 1.200 warganet.

Kemenag juga membagikan informasi tentang agama Khonghucu. Informasi yang dibagikan pada Selasa (12/1/2021) itu berisi tentang Watak Sejati (Rohso Jati) akan mengenal Tuhan Yang Maha Esa.

"Bingcu berkata, “Yg benar-benar dapat menyelami hati akan mengenal Watak Sejatinya. Yg mengenal Watak Sejati (Rohso Jati) akan mengenal Tuhan Yang Maha Esa.”(BC.VIIA.1/Kitab Sishu bagian Mengzi).
Membenahi 'Rumah' Ibadah untuk Menemukan Sang Maha Kasih," tulis unggahan tersebut yang langsung dibagikan ulang 507 kali, dikomentari 115 kali dan disukai 2.000 kali.

Pada hari yang sama, akun @Kemenag_RI juga memberikan ucapan selamat hari raya umat Hindu yakni Selamat Hari Suci Siwaratri.

"Selamat Hari Suci Siwaratri
Siwaratri ialah hari suci umat Hindu dalam rangka melakukan pemujaan ke hadapan Sang Hyang Widhi dalam manifestasi-Nya sebagai Dewa Siwa.
Siwaratri merupakan malam perenungan untuk peleburan dosa sehingga tercapainya kesadaran diri sejati," tulis akun tersebut.

Dalam beberapa jam, unggahan ini dibagikan ulang 197 kali, dikomentari 32 kali dan disukai 621 warganet. Kebanyakan komentar yang diungkapkan warganet berisi pujian atas pengakuan pluralisme oleh Kemenag.

"Bertahun² main twitter.
Baru kali ini gw liat Akun @Kemenag_RI
buat cuitan tentang Agama lain..," tulis akun @AirinAirin_NZ sambil menambahkan lambang bendera Indonesia.

"Luar biasa, terasa betul Pluralisme nya dari @Kemenag_RI," tambah @angedespoir5.

Warganet juga memuji informasi yang dibagikan tersebut karena menjadi edukasi tentang hari besar agama lain. "Good job, Nah kya gini kan jd tau maknanya walaupun dijelasin secara singkat. Hari2 besar Agama2 di Indonesia," tulis @joxeres.

"Baru tau ada hari suci ini. Dan taunya dr kementerian agama. Udh pas bgt emg kementerian yg mengurusi semua agama. Respect.. ," tambah @eriemrn.

Warganet juga memuji Menag Yaqut yang dianggap mendukung Bhinneka Tunggal Ika. "Bangga pnya menteri agama spti ini,bhwa bnar Indonesia bkn trbangun dr 1 agama,atau 1 etnis sja,Indonesia berdiri krn Bhinneka Tunggal Ika.
Selamat Hari Suci SWARATRI," tulis akun @erry_ajah.

Nah, seperti itu komentar warganet tentang Kementerian Agama setelah dipimpin oleh Menag Yaqut. Bagaimana menurut Anda?