Jepang Temukan Varian Baru Virus Corona

Sel virus corona
10 Januari 2021 20:17 WIB Yustinus Andri DP News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - National Institute of Infectious Diseases (NIID) di Jepang melaporkan telah menemukan jenis baru virus Covid-19 pada empat orang yang datang dari Brasil.

Seperti dilansir dari Bloomberg, varian baru virus tersebut memiliki kemiripan dengan strain yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan. Fakta itu disampaikan oleh NIID dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Minggu, Minggu (10/1/2020.

Dalam laporannya, informasi tentang varian baru terbatas pada susunan genetiknya, dan sulit untuk segera menentukan seberapa menular strain itu. Selain itu belum diketahui juga keefektifan vaksin saat ini terhadap varian virus tersebut.

Sementara itu, melalui pernyataan resminya, Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan empat penumpang tiba di Bandara Haneda Jepang dari Brasil pada 2 Januari 2020.

Kedua orang tersebut kemudian didiagnosis terpapar oleh varian baru virus Covid-9. Seorang pria berusia 40-an, yang tidak menunjukkan gejala saat tiba, dirawat di rumah sakit karena sistem pernapasannya memburuk.

Surat kabar Yomiuri Shimbun melaporkan NIID telah memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang virus jenis baru tersebut. WHO disebutkan sedang menyelidiki apakah varian tersebut menyebabkan kasus yang lebih parah.

Sebelumnya para peneliti di Jepang mengembangkan metode yang memungkinkan deteksi cepat varian virus corona yang menyebar pesat di Inggris dan Afrika Selatan.

Saat ini dibutuhkan peralatan khusus untuk membaca kode genetika virus tersebut. Proses ini menghabiskan waktu lebih dari setengah hari.

Melansir NHK pada Jumat (8/1/2020), para ilmuwan di Institut Nasional Penyakit Menular mengembangkan metode yang lebih cepat menggunakan teknologi tes PCR yang akan memungkinkan mereka mengonfirmasi mutasi N501Y

Sumber : Bloomberg