Advertisement

Survei LKPI: 80 Persen Responden Sepakat Ikut Program Vaksin Pemerintah

Newswire
Minggu, 03 Januari 2021 - 03:17 WIB
Sunartono
Survei LKPI: 80 Persen Responden Sepakat Ikut Program Vaksin Pemerintah Di dalam pabrik produksi vaksin Sinopharm di Beijing. - Xinhua/Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) mencatat bahwa sebanyak 81,7 persen responden menyatakan siap mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Sebanyak 81,7 persen responden menyatakan siap ikut program vaksinisasi Covid-19," ujar Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Advertisement

Survei tersebut juga menunjukkan sebanyak 76,6 persen responden merasa puas dan yakin dengan usaha pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah yang sangat membantu pada ekonomi masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.

BACA JUGA : RS di Jogja Belum Sediakan Vaksin Corona

Sedangkan 18,7 persen menyatakan tidak puas terhadap usaha pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah karena tidak ada dampak positif terhadap keadaan ekonomi masyarakat. Adapun 4,7 persen tidak menyatakan apapun.

Dari hasil survei juga diketahui bahwa sebanyak 71,8 persen merasa puas dengan penanganan dan penanggulangan Covid-19 oleh pemerintah. Survei yang diadakan LKPI pada 20 hingga 27 Desember 2020 itu dilakukan kepada 1.225 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Penentuan sampel dilakukan dengan metode "mix-mode" karena riset diadakan di era pandemi COVID-19 yang membatasi untuk melakukan wawancara tatap muka .

"Oleh karena itu survei jajak pendapat ini dilakukan melalui sambungan telepon terhadap responden yang dipilih secara acak," kata Arifin.

BACA JUGA : Pemerintah Bisa Gratiskan Vaksin Covid-19, Ini Caranya

Arifin mengatakan survei melalui telepon ini menggunakan petugas wawancara yang telah dilatih untuk mengajukan pertanyaan dan mencatat jawaban yang diberikan responden pada komputer.

Diketahui, "margin of error" survei sebesar kurang lebih 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement