Yamaha Ajak Gubernur Ganjar Kolaborasi Kembangkan E-Sport di Jateng-DIY

Yamaha mengajak Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, berkolaborasi menggelar kompetisi bertajuk E-Sport War From Home Central Java Governor Cup. - Ist/Dok Yamaha
27 Desember 2020 18:07 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG – Olahraga elektronik atau e-sports saat ini memang tengah naik daun. Terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini yang membuat masyarakat, terutama kalangan anak muda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Kondisi ini pun dimanfaatkan salah satu produsen sepeda motor di Indonesia, Yamaha, untuk menggelar kompetisi e-sports. Dengan menggandeng Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, Yamaha pun menggelar kompetisi bertajuk E-Sport War From Home Central Java Governor Cup.

Ajang yang memperebutkan hadiah total atau prize pool senilai Rp10 juta itu diikuti sekitar 200 tim dari berbagai daerah di Jateng dan DIY. Setiap tim beranggotakan 5-7 orang.

Baca juga: Peringati Hari Ibu, DPD PAN Kota Jogja Kunjungi Panti Asuhan Putri

Koordinator Promosi dan Aktivasi Merek Yamaha Jateng dan DIY, Zaldiansyah Perdana, mengatakan kompetisi e-sports ini digelar Yamaha sejak Oktober lalu. Kompetisi digelar dalam dua jenis permainan yakni Mobile Legend dan Player Unknown Battle Ground atau PUBG, di mana babak grand final digelar Minggu (27/12/2020).

“Yamaha itu adalah produk yang menyasar kalangan anak muda. Melalui event ini kita melihat adanya kesempatan untuk memperkokoh relasi dengan anak muda. Kebetulan dari pak Gubernur Jateng [Ganjar Pranowo] pun bekenan memberikan support, sehingga acara ini bisa terselenggara,” ujar pria yang akrab disapa Zaldi itu di kantornya, Minggu.

Zaldi pun berharap dengan turnamen ini olahraga elektronik atau e-sports semakin berkembang, khususnya di wilayah Jateng. Terlebih saat ini e-sports kerap dipertandingkan di kancah internasional dan melahirkan talenta-talenta muda penuh bakat.

Baca juga: Kunjungan ke Bali, Ini Agenda Menparekraf Sandiaga Uno

“Tentu kita berharap dari kompetisi ini muncul pemain e-sports profesional dari Jateng yang tampil di kancah internasional. Selain itu, muncul tim-tim e-sports baru dari Jateng maupun DIY yang berasal dari turnamen ini,” imbuhnya.

Di Rumah

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berharap kompetisi e-sports ini bisa menjadi wadah bagi generasi muda dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Selain itu, kompetisi e-sports ini juga bisa membuat anak-anak atau generasi muda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah guna mencegah penularan Covid-19.

“Ada banyak kepentingan yang kita bisa peroleh dari e-sports ini. Anak-anak jadi lebih banyak di rumah, mereka nge-game, menghabiskan waktu. Makanya, kita beri ruang agar mereka berkompetisi dan bisa berprestasi,” ujar Ganjar.

Ganjar pun menyatakan siap memberikan dukungan terhadap perkembangan e-sports. Pihaknya bahkan siap menjadikan event e-sports ini sebagai ajang reguler.