Ibadah Natal Diperbolehkan Dengan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
18 Desember 2020 13:27 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG— Natal 2020 tiba di tengah dunia yang masih menghadapi pandemi Covid-19. Pemkab Magelang mempersilakan umat Nasrani menjalankan ibadah Natal namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sangat ketat guna mencegah penularan Covid-19.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menuturkan bahwa, ibadah Natal tetap dipersilahkan bagi umat Kristiani.

"Namun, karena saat ini wilayah Kabupaten Magelang masih berada di zona merah, maka nanti kapasitas gedung Gerejanya harus menyesuaikan yaitu 25 persen,” kata Nanda saat press conference penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang di Ruang Command Center, SetKab Magelang, Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Studi: Polusi Udara Perparah Penyebaran Virus Corona

Protokol kesehatan yang dimaksud yakni pada saat masuk gereja harus diukur suhu badannya, menggunakan handsanitizer, bagi yang memiliki gejala juga harus segera dipisahkan supaya tidak jadi sumber penularan baru.

Selain itu untuk mengantisipasi kenaikan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Magelang, Nanda mengatakan, Pemerintah Daerah tidak mengizinkan kegiatan penyelenggaraan acara atau event perayaan akhir tahun 2020-2021.

"Kami imbau kepada masyarakat Kabupaten Magelang agar merayakan malam tahun baru di rumah saja dengan keluarganya masing-masing," tambahnya.

Baca juga: Harga Rumah yang Dilewati Jalan Tol Terus Naik

Diketahui sebelumnya juga telah dilakukan Rapat Koordinasi lintas sektoral terkait Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020-2021. Dalam rapat tersebut telah disepakati bahwa menjelang libur Natal dan Tahun Baru akan dilaksanakan Operasi Lilin Candi untuk mendorong penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Polres Magelang akan menerjunkan sedikitnya sebanyak 221 personil untuk pengamanan ibadah Natal, sementara untuk pengamanan obyek vital dan keramaian saat Natal dan malam tahun baru akan diterjunkan sebanyak 122 personil.