Harga Rumah yang Dilewati Jalan Tol Terus Naik

Ilustrasi pembangunan perumahan di Tangerang, Banten. Perumahan yang berdekatan dengan jalan tol mengalami kenaikan harga secara konsisten. - Istimewa
17 Desember 2020 23:07 WIB Yanita Petriella News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Konektivitas dan pembangunan infrastruktur berdampak positif pada perkembangan properti di daerah satelit.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan berdasarkan Rumah.com Indonesia Property Market Index untuk Harga (RIPMI-H), kenaikan harga proper5i pada area-area yang dilintasi oleh jalur tol.

Di Depok, lanjutnya, saat indeks harga Depok kuartal III/2020 secara keseluruhan menurun 2,61 persen secara tahunan (yoy), kecamatan-kecamatan yang dilewati dekat dengan jalur tol baru justru menikmati kenaikan harga seperti di Cimanggis sebesar 9 persen, Limo 4 persen, dan Cinere 3 persen 

Sementara itu, harga rumah di Kelurahan Cinangka di Kecamatan Sawangan, Depok, naik hingga 35 persen.

Harga hunian di sejumlah kecamatan di Tangerang Selatan yang berada di sekitar tol Cinere–Serpong juga naik seperti Pondok Cabe naik 6 persen, Serpong 12 persen), dan Pamulang naik 19 persen.

“Langkah pemerintah yang terus menitikberatkan pembangunan infrastruktur konektivitas membuat konsumen semakin yakin bahwa properti-properti di sekitar akses transportasi umum ini memiliki prospek yang bagu,” ujarnya melalui keterangan tertulis pada Kamis (17/12/2020).

Marine menambahkan bahwa konektivitas dan harga masih menjadi daya tarik utama pasar properti pada 2021. Jarak dengan pusat kota tidak lagi menjadi pertimbangan utama selama perjalanannya mudah ditempuh dan bebas macet.

"Itu sebabnya kawasan-kawasan di sekitar kawasan hunian terpadu (planned community), jalan tol baru, dan jalur transportasi massal, masih menjadi incaran konsumen properti," paparya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia