Anies Yakin Kemampuan Tes PCR DKI 8 Kali Lipat Standar WHO

Aktivitas pengujian di laboratorium. - ANTARA/KKP
17 Desember 2020 08:27 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini saat ini kemampuan testing PCR DKI Jakarta 8 kali lipat standar WHO.

Sebanyak 84.004 orang telah dites dalam sepekan terakhir, tulis Anies di akun Instagram @aniesbaswedan, Rabu (16/12/2020).

Dijelaskan, capaian itu adalah hasil kolaborasi 76 jejaring laboratorium di Jakarta.

“Mereka menjadi salah satu ujung tombak 3T (Testing, Tracing, Treatment) di dalam menghadapi wabah Covid-19,” kata Anies.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada ibu/bapak yang sudah bekerja luar biasa selama beberapa bulan ini. Begitu besar amanah yang dititipkan kepada ibu/bapak semua. Jaga stamina supaya tetap memberikan karya yang prima dalam masa pandemi ini. InsyaAllah kita semua diberkahi kesehatan,” tambah Anies.

Seperti diketahui, diagnosis Covid-19 secara gold standar adalah melalui pemeriksaan swab PCR.

Dinas Kesehatan DKI mencatat, per 8 Desember 2020 di Provinsi DKI Jakarta sudah ada 76 Jejaring Laboratorium Covid-19 yang dapat melakukan pemeriksaan PCR.

Laboratorium jejaring ini telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh @kemenkes_ri melalui Keputusan Menteri Kesehatan No. 9487 Tahun 2020 tentang Jejaring Laboratorium Covid-19.

Untuk laboratorium yang gratis, pemeriksaan swab wajib melalui fasilitas pelayanan kesehatan di DKI Jakarta dalam rangka tracing kontak maupun follow up perawatan.

 

Sumber : bisnis.com