Advertisement

Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas Kementerian Perhubungan

Puput Ady Sukarno
Kamis, 17 Desember 2020 - 06:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas Kementerian Perhubungan Menteri Perhubungan, Budi Karya - Bisnis

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menjadi kementerian pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan listrik untuk dinas. Hal ini ditandai dengan kegiatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang melakukan test drive motor dan mobil bertenaga listrik di Stasiun Gambir, Jakarta, menuju Kantor Kemenhub, Rabu (17/12/20) sore. 

"Saya sudah pernah berjanji bahwa Kementerian Perhubungan akan menjadi pelopor penggunaan mobil listrik di tahun 2020, dan saya bahagia, karena hari ini tercapai," tutur Menhub Budi Karya.

Advertisement

Menurutnya, penggunaan kendaraan listrik merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong perkembangan kendaraan yang ramah lingkungan. Menhub juga menambahkan akan menggunakan mobil listrik untuk kendaraan operasional sehari-hari. 

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat. Harapannya, rencana penggunaan kendaraan dinas listrik dapat diikuti oleh jajaran lain di Kementerian Perhubungan.

“Saya mengapresiasi para stakeholder, semoga dengan ini tak hanya pejabat eselon 1, eselon 2, tapi juga bisa sampai ke semuanya,” ujarnya.

Saat di Gambir, sebelum memberikan sambutan, Menhub Budi Karya menaiki salah satu motor dinas listrik, dan berkendara di sekitar area parkir Stasiun Gambir. Acara kemudian diakhiri dengan kembalinya Menhub ke Kantor Kementerian Perhubungan dengan mobil listrik berplat RI 35.

Kementerian Perhubungan merencanakan setidaknya 100 unit mobil listrik akan menjadi mobil operasional, dan 6 motor listrik saat ini sudah mendukung operasional di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Penggunaan kendaraan ini akan dilaksanakan bertahap, dimulai dari Eselon 1 dan 2.

Kebijakan ini termasuk dalam PM Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement