Dituding Boneka Cendana, Ini Bantahan Komnas HAM

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. - Antara
12 Desember 2020 06:07 WIB Edi Suwiknyo News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Komisi Nasional (Komnas) HAM memastikan foto yang menampilkan sosok Tomy Suharto dengan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik tidak benar alias hoax.

Dalam keterangan resminya, lembaga pembela hak asasi manusia ini memberikan klarifikasi sehubungan dengan beredarnya berita di media sosial yang memuat foto beserta keterangan foto bertuliskan “Pantas selama ini #komnasHAM selalu bersebrangan, ternyata Ahmad Taufan Damanik ketua Komnas HAM boneka cendana…” 

Klarifikasi Komnas HAM mencakup tiga hal. Pertama, berita dan foto tersebut tidak benar. Kedua, pria yang diberi lingkaran merah dalam foto tersebut bukan Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik.

Ketiga, Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik tidak pernah bertemu atau berfoto bersama dengan anggota keluarga cendana dalam kesempatan apapun.

Komnas HAM RI menghimbau agar masyarakat untuk tidak terpengaruh dan atau ikut menyebarluaskan berita bohong dan menyesatkan tersebut.

Komnas HAM Republik Indonesia akan selalu bekerja berdasarkan mandat Undang-Undang, dalam hal iniUndang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan bekerja tidak dalam kaitan dengan kelompok politik manapun tapi semata-mata untuk tegaknya hukum yang berlandaskan prinsip hak asasi manusia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia