Pilkada Solo: Gibran Menang di Rumahnya, tetapi Golput 33,75%

Gibran Rakabuming Raka - Antara/Aprilio Akbar
09 Desember 2020 16:17 WIB Kurniawan News Share :

Harianjogja.com, SOLO—Pasangan cawali-cawawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa, menang telak di TPS 022 Manahan, Banjarsari, berdasarkan penghitungan suara yang dilakukan KPPS mulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 14.25 WIB, Rabu (9/12/2020).

TPS 022 Manahan adalah tempat putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyalurkan suara bersama sang istri, Selvi Ananda dan adiknya, Kaesang Pangarep. Dari perhitungan oleh KPPS diketahui Gibran-Teguh meraup 171 suara.

Pasangan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) yang maju dari jalur perseorangan hanya mendapat 24 suara. Sedangkan surat suara yang diyatakan tidak sah KPPS sebanyak 13 lembar. Total surat suara yang digunakan 208 lembar.

Artinya warga yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 022 Manahan tapi tidak menggunakan hak suaranya alias golput atau abstain 106 orang. Bila dipersentase dengan DPT di TPS itu berarti warga yang golput mencapai 33,75 persen.

“Partisipasi cenderung menurun. Mungkin karena kondisi pandemi Covid-19 membuat warga jadi takut ke TPS. Tapi banyak juga dari yang tidak datang itu karena merantau. Sekitar 50 persennya,” ujar Ketua KPPS 022 Manahan, Toto Saronto.

Padahal menurut dia sejak H-3 pihaknya sudah menyebarkan formulir C pemberitahuan kepada para pemilih. Harapannya mereka bisa menggunakan hak suara pada hari ini. Tapi faktanya masih banyak pemilih yang tidak menyalurkan suaranya.

“Kami juga terapkan protokol kesehatan secara ketat mulai dari pemeriksaan suhu tubuh pakai thermogun, wajib cuci tangan pakai sabun sebelum masuk TPS, cek penggunaan masker, menjaga jarak dan tinta diteteskan,” sambung dia.

Diberitakan solopos.com Gibran Rakabuming Raka bersama istri dan adiknya menyalurkan suara di TPS 022 Manahan pukul 08.35 WIB. Mereka tertib mengenakan masker dan mengikuti prosedur penggunaan hak suara yang ditetapkan.

Dalam kesempatan itu Gibran sempat menegur para wartawan yang berkerumun karena ingin mewawancarai dia. Dia juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suara mereka karena TPS dinilai steril, aman dan sehat.

Sumber : JIBI/Solopos