Positif Covid-19, Foto Anies Tanpa Masker Tuai Kritik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dua dua tenaga kesehatan mengenakan alat pelindung diri (APD). Anies psoitif Covid-19 dan dalam masa isolasi mandiri. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @kawalCOVID19
06 Desember 2020 10:27 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tanpa masker belakangan ini menuai kritik dan  jadi bahan perbincangan warganet.

Adalah akun Twitter @kawalCOVID19 yang mengunggah foto Anies tersebut pada Sabtu (5/12/2020).

Di foto itu, Anies mengenakan kemeja batik cokelat tersenyum kepada dua tenaga kesehatan (nakes) yang mengenakan alat pelindung diri (APD).

Seperti diketahui, Anies positif Covid-19 dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Akun @kawalCOVID19 mengkritisi foto Anies itu, dan menegaskan bahwa meskipun nakes mengenakan APD, bagi yang positif Covid-19 harus tetap mengenakan masker ketika diperiksa atau dikunjungi.

Protokol kesehatan (prokes) itu diterapkan juga pada semua pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit atau di tempat isolasi lainnya.

“Hendaknya disiplin prokes,” cuit @kawalCovid-19 sambil menyebut akun Twitter Anies Baswedan @aniesbaswedan.

Sontak, unggahan foto Anies itu menuai kritik dari warganet. Berikut beberapa kritikan tersebut:

@muchlis_ar:Jelas2 dia ngaku positif covid. Terus berfoto begini, tanpa masker dan ketiwi-tiwi. Gak peduli bahwa dia bisa nularin petugas medis.

Pesan apa yg mau disampaikan?

@dpermadhy: Dia memanfaatkan panggung momentum covid sebagai penarik perhatian orang agar dia selalu jadi bahan omongan,ga maslah omongan negatip atao positip. ..dan yg penting, dia ini menikmati nya lahir bathin.

@Samnoeari: Maju kotanya bahagia warganya LOL

@perupadata: Pak Anies, jangan nambah beban apalagi korban Nakes Pak, please.

Beragam komentar soal foto Anies itu pun dibalas oleh akun @tatakujiyati.

Akun itu menjelaskan bahwa Anies tak bermasker karena hendak rapat, dan di rapat itu akan berbicara, sehingga tak bermasker.

Memang, ujarnya, dianjurkan dokter tak memakai masker karena bisa mengurangi saturasi oksigen.

“Gambar ini hanya snapshot beberapa detik dekat dengan asisten ber-APD lengkap yang bantu setup online meeting,” cuit @tatakujiyati.

“Yang jelas protap isolasi mandiri tetap dijalankan, sehari-hari ya isolasi. Hanya jika ada hal urgen seperti online conference yang tak bisa sendiri, maka dibantu asisten itu pun dengan APD lengkap,” tambahnya.

@tatakujiyati menambahkan bahwa dua orag yang ada di foto bersama Anies adalah dokter.

Sumber : bisnis.com