YouTube Hadirkan Fitur Premiere, Kini Bisa Tonton Pameran & Festival Online

Logo youtube - Akbar Evandio
03 Desember 2020 10:57 WIB Rezha Hadyan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - YouTube sedang mengembangkan fitur Premiere untuk mendukung penyelenggaraan festival film, konvensi atau pertemuan, serta pameran yang diselenggarakan secara daring.

Melansir The Verge pada Kamis (3/12/2020), fitur tersebut dapat digunakan untuk streaming langsung video yang direkam sebelumnya - dengan menambahkan dukungan untuk cuplikan, pengalihan dari pra-pertunjukan langsung, dan penghitung waktu mundur yang disesuaikan.

Premiere dirancang untuk menawarkan beberapa manfaat dari streaming langsung YouTube seperti obrolan langsung, tetapi dengan kontrol video yang direkam sebelumnya dan diedit. Pembuat konten biasanya menggunakannya untuk menonton dan menanggapi pelanggan mereka saat video baru diluncurkan.

BACA JUGA : Fitur Baru Youtube, Ada Top News dan Breaking News

YouTube mengatakan ada pertumbuhan 85 persen dalam penggunaan harian fitur tersebut dari lebih dari 8 juta saluran, dan penambahan ini dapat membuat Premiere berguna dalam lebih banyak skenario.

Fitur baru yang pertama adalah Pengalihan Langsung, yang memungkinkan pembuat konten dengan tayangan perdana untuk mengadakan streaming langsung sebelum video ditayangkan dan secara otomatis mengarahkan pemirsa ke sana setelah video dimulai.

YouTube membayangkan ini mengisi peran pra-pertunjukan atau karpet merah sehingga pemirsa dapat belajar dan bersemangat tentang video yang akan datang segera sebelum dirilis.

Cuplikan opsional baru dirancang untuk mengisi ruang pra-Premiere lainnya, kali ini dengan memutar video berdurasi 15 detik hingga tiga menit di halaman tonton penayangan perdana yang akan datang. Cuplikan dapat digunakan untuk mengiklankan penayangan perdana yang akan datang dan memikat calon pemirsa agar menyetel pengingat untuk menonton.

BACA JUGA : Sedang Diuji Coba, Youtube Bisa Ditonton Sambil Buka

Tambahan baru terakhir adalah kemampuan untuk menyesuaikan penghitung waktu mundur yang diputar sebelum pemutaran perdana dengan Tema Hitung Mundur. YouTube mengatakan bahwa pembuat konten akan dapat memilih dari berbagai "tema, getaran, dan suasana hati" sehingga pengatur waktu lebih cocok dengan konten video, daripada gaya default YouTube.

YouTube mengatakan Pengalihan dan Cuplikan Langsung akan mulai diluncurkan kepada pembuat yang memenuhi syarat hari ini, dengan Tema Hitung Mundur tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia