Advertisement

Rumah Sakit di Mesir Uji Coba Robot yang Bisa Tes Virus Corona

Syaiful Millah
Jum'at, 27 November 2020 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Rumah Sakit di Mesir Uji Coba Robot yang Bisa Tes Virus Corona Robot dari Mesir yang dirancang untuk meminimalir paparan virus Corona (Covid-19). - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Para ilmuwan terus berupaya mengembangkan inovasi untuk memudahkan proses pengetesan yang amat diperlukan guna menghentikan penyebaran virus Corona.

Dilansir dari New York Post, Jumat (27/11/2020), seorang ilmuwan Mesir menguji coba robot kendali jarak jauh di rumah sakit di Kairo, yang dapat menguji Covid-19, mengukur suhu pasien, dan memberi peringatan jika mereka tidak memakai masker.

Perancang robot Mahmoud el-Komy mengatakan bahwa robot yang disebut Cira-03 itu dapat membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan virus corona baru.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Kreasinya, yang memiliki wajah dan kepala mirip manusia serta lengan robotik, dapat melakukan tes darah, melakukan ekokardiogram, sinar X, serta menampilkan hasilnya kepada pasien di layar yang ditempelkan di bagian tubuhnya.

”Saya mencoba membuat robot itu tampak lebih manusia sehingga pasien tidak takut. Jadi mereka tidak merasa seperti ada kotak yang masuk ke dalamnya. Ada respons positif dari pasien ketika mereka melihat robot itu dan ada lebih banyak kepercayaan dalam hal ini,” katanya.

robot virus corona ciptaan Mahmoud el-Komy  Cira-03 membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan Covid

Cira-03 menguji pasien untuk virus corona dengan menelungkupkan dagu mereka, dan kemudian mengulurkan tangan dengan kapas ke mulut. Robot ini masih akan dikembangkan agar lebih mampu diandalkan ke depannya.

Abu Bakr El-Mihi, kepala rumah sakit setempat mengatakan mereka menggunakan robot itu untuk mengukur suhu siapapun yang diduga mengidap Covid-19.

Sementara itu, data dari Worldometer menunjukkan bahwa Mesir hingga kini memiliki jumlah kasus Covid-19 mencapai 114.000 kasus positif. Angka kematian akibat penyakit ini sebesar 6.500 kasus dan pasien sembuh sebanyak 102.000 kasus.

Advertisement

robot untuk memeriksa virus corona

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Siap-Siap Macet karena HUT Jogja, Penumpang Kereta Diminta Berangkat Awal ke Stasiun

Jogja
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement