Advertisement

Jubir Covid-19: Pengalaman Libur Panjang, Kasus Positif Aktif Covid-19 Rendah

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 10 November 2020 - 08:07 WIB
Nina Atmasari
Jubir Covid-19: Pengalaman Libur Panjang, Kasus Positif Aktif Covid-19 Rendah Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pandemi Covid019 telah berlangsung lebih dari delapan bulan. Saat ini aktivitas mayarakat di Tanah Air sudah beranjak normal meski dengan banyak pembatasan. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa kasus positif Corona nasional relatif terkendali.

“Meski ada libur panjang, kita telah berpengalaman pada libur panjang seperti Idul Fitri, Idul Adha, perayaan 17 Agustus. Memang ada tingkat positif tapi situasi terkendali pada September,” katanya pada diskusi virtual, Senin (9/11/2020).

Advertisement

Wiku menjelaskan bahwa secara nasional, angka kasus positif Covid-19 aktif sebesar 12,52 persen. Angka ini jauh lebih rendah dari dunia yaitu 26,79 persen.

Baca juga: Jenderal Inggris Sebut Pandemi Corona Bisa Picu Perang Dunia Ketiga

Sementara dari kasus sembuh, Indonesia berada pada angka 84,5 persen. Fakta tersebut lebih baik dari dunia sebesar 70,71 persen. Akan tetapi dari angka kematian, Indonesia masih tinggi, yaitu 3,34 persen. Padahal dunia 2,5 persen.

Pada libur panjang bulan ini, Wiku menerangkan bahwa belum ada tanda-tanda lonjakan kasus. Biasanya baru terlihat 14 hari. Sedangkan saat ini masih 9 hari dari libur panjang.

“Mari diamati bersama. Tapi kalau tidak naik lebih tinggi lagi, itu artinya antisipasi pada libur panjang berjalan dengan baik. Ini jadi modal dan prestasi kita bersama,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement