Jubir Covid-19: Pengalaman Libur Panjang, Kasus Positif Aktif Covid-19 Rendah

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara
10 November 2020 08:07 WIB Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Pandemi Covid019 telah berlangsung lebih dari delapan bulan. Saat ini aktivitas mayarakat di Tanah Air sudah beranjak normal meski dengan banyak pembatasan. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa kasus positif Corona nasional relatif terkendali.

“Meski ada libur panjang, kita telah berpengalaman pada libur panjang seperti Idul Fitri, Idul Adha, perayaan 17 Agustus. Memang ada tingkat positif tapi situasi terkendali pada September,” katanya pada diskusi virtual, Senin (9/11/2020).

Wiku menjelaskan bahwa secara nasional, angka kasus positif Covid-19 aktif sebesar 12,52 persen. Angka ini jauh lebih rendah dari dunia yaitu 26,79 persen.

Baca juga: Jenderal Inggris Sebut Pandemi Corona Bisa Picu Perang Dunia Ketiga

Sementara dari kasus sembuh, Indonesia berada pada angka 84,5 persen. Fakta tersebut lebih baik dari dunia sebesar 70,71 persen. Akan tetapi dari angka kematian, Indonesia masih tinggi, yaitu 3,34 persen. Padahal dunia 2,5 persen.

Pada libur panjang bulan ini, Wiku menerangkan bahwa belum ada tanda-tanda lonjakan kasus. Biasanya baru terlihat 14 hari. Sedangkan saat ini masih 9 hari dari libur panjang.

“Mari diamati bersama. Tapi kalau tidak naik lebih tinggi lagi, itu artinya antisipasi pada libur panjang berjalan dengan baik. Ini jadi modal dan prestasi kita bersama,” jelasnya.

Sumber : Bisnis.com