Sebelum Dinyatakan Positif Covid-19, Menag Terakhir ke Istana 7 September

Menteri Agama Fachrul Razi saat mengikuti Sidang Kabinet Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021 pada 7 September 2020. / Akun Youtube Sekretariat Presiden
21 September 2020 14:27 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi terakhir ke Istana Kepresidenan mengikuti Sidang Kabinet Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021 pada tanggal 7 September 2020. Menag  terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab Kamis (17/9/2020).

Kepala Sekretaris Presiden Heru Budi Hartono memastikan Menag Fachrul Razi dalam kondisi sehat kala menghadiri agenda tersebut.

“Sudah di cek protokol hadir 7 September, dan saat itu hasil swab negatif,” kata Heru, Senin (21/9/2020).

Baca juga: Menteri Agama Fachrul Razi Positif Covid-19, Begini Kondisinya

Heru juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi selalu menjalani tes swab rutin. Dalam setiap pertemuan, Kepala Negara menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak saat melaksanakan rapat dan melindungi wajah dengan face shield.

Selain itu potensi penularan juga ditekan dengan mengadakan rapat di teras istana yang terbuka dan tidak menggunakan pendingin udara.

Adapun, informasi mengenai hasil tes swab Menag Fachrul disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal.

Baca juga: Positif Covid-19 Tanpa Gejala, Menteri Agama Fachrul Razi Jalani Isolasi

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun, alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan,” kata Kevin seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis pada situs resmi Kemenag, Senin (21/9/2020).

Meskipun dalam kondisi yang baik, Kevin menyatakan bahwa saat ini Menag tengah menjalani proses isolasi dan istirahat.

"Ini bagian dari wujud komitmen beliau dalam menaati peraturan protokol kesehatan dan memutus mata rantai kemungkinan penyebaran. Kami mohon doa dari masyarakat, semoga prosesnya berjalan lancar serta Menag bisa lekas sembuh, semoga hasil swab berikutnya negatif, sehingga Menag dapat menjalankan tugas-tugasnya kembali," ujarnya.

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Agama Oman Fathurahman menambahkan, Menag sementara ini akan fokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan.

Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, Menag sudah mengkoordinasikan dan sekaligus mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama, serta memberi arahan kepada para pejabat terkait.

Sumber : Bisnis.com