Ma'ruf Amin Tegaskan Pilkada 2020 Harus Aman dari Covid-19

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan pernyataan pers lewat telekonferensi dengan wartawan dari rumah dinas wapres di Jakarta, Senin (8/6/2020) - Antara
08 September 2020 14:27 WIB Oktaviano DB Hana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah atau Pilkada yang aman dari wabah virus Corona atau Covid-19 merupakan prioritas bangsa.

Hal itu merupakan salah satu pokok yang dibahas dalam Sidang Kabinet Paripurna tentang Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi untuk Penguatan Reformasi Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta. Wapres mengungkapkannya melalui akun Twitter resminya @Kiyai_MarufAmin, Senin (7/9/2020) malam.

BACA JUGA : Duh, 37 Bapaslon Kepala Daerah Positif Covid-19 saat

Menurutnya, saat ini penyebaran Covid-19 bukan hanya di tempat umum, tetapi sudah masuk ke lingkup yang lebih kecil. Mulai dari klaster perkantoran bahkan hingga klaster keluarga.

Menurutnya, kemungkinan adanya klaster Pilkada yang akan serentak digelar pada Desember 2020 di sejumlah daerah harus diantisipasi.

"Pilkada harus aman dari covid-19. Ini prioritas yang harus jadi perhatian semua elemen bangsa," demikian tertulis pada akun Twitter pribadi Wapres.

Ma'ruf Amin mengatakan Gerakan Nasional Disiplin Protokol Kesehatan harus terus disosialisasikan sampai lingkungan terkecil. Kebiasaan pakai masker dalam beraktivitas, jelasnya, harus dibudayakan.

Hal yang sama, kata dia, harus diterapkan dengan budaya cuci tangan setelah beraktivitas dan jaga jarak saat berkomunikasi.

BACA JUGA : Sri Muslimatun-Amin Purnama Siap Hadapi Dua Pesaingnya

"Pencegahan covid-19 harus dimulai dari lingkup keluarga. Semoga Allah SWT mempermudah usaha kita untuk penanganan covid-19. Tentunya, dengan kerja keras semua elemen bangsa dalam menjalankan protokol kesehatan demi kebaikan bersama," imbuh Wapres.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia