Sempat Pakai Ventilator, Pasien Covid-19 Ini Cepat Membaik Setelah Dapat Donor Plasma Darah

Foto ilustrasi. - Reuters
11 Agustus 2020 18:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, DENPASAR– Harapan baru datang dari pengobatan pasien Covid-19 menggunakan donor plasma darah.

Seorang prajurit Kodam IX/Udayana yang positif terjangkit Covid-19 kondisinya membaik. Pasien yang memiliki bawaan penyakit diabetes ini menunjukkan kemajuan pesat setelah mendapat donor plasma darah di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah (RSUP) Denpasar, Bali.

"Yang bersangkutan sudah dirawat selama 14 hari di Sanglah (RSUP Sanglah), sampai menggunakan ventilator. Alhamdulillah setelah mendapat donor plasma, kondisinya semakin baik, sekarang sudah bisa duduk," kata Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana, Mayor Jenderal Kurnia Dewantara di sela-sela pelaksanaan donor plasma darah di Aula Markas Korem 163/ Wirasatya di Denpasar, Selasa (11/8/2020).

Menurut jenderal bintang dua ini, sebelum ditemukan vaksin, pemberian donor plasma darah dari penyintas Covid-19 memberikan efek yang cukup signifikan.

"Saya ambil contoh di Secapa AD ada sekitar 2.400 siswa yang terpapar covid. Diberikan donor plasma darah, perkembangannya cukup pesat, dan sekarang tersisa 17 persen saja," katanya.

Dia menambahkan, donor plasma darah ini diikuti 28 prajurit Kodam IX/Udayana, yang pernah terpapar covid-19 dan dinyatakan sembuh.

"Di lingkungan Kodam ada 51 anggota kita yang terpapar corona, dan 46 orang dinyatakan sembuh, sementara sisanya masih dirawat di rumah sakit. Setelah melalui proses pemeriksaan dan kesediaan pasien, hanya 28 yang lolos seleksi untuk donor," katanya.

Dan Ngakan Gede Yogi Putra, adalah satu dari 28 anggota Kodam IX/Udayana yang bersedia mendonorkan plasma darahnya untuk membantu pasien covid-19 kategori berat atau kritis.

Yogi yang kesehariannya bekerja sebagai PNS staf pelayanan kesehatan Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) di Denpasar ini, bersedia mendonorkan plasmanya untuk membantu mempercepat kesembuhan pasien Covid-19 di Bali.

"Memang keinginan saya sendiri untuk mendonorkan plasma darah. Mudah-mudahan pasien dapat terbantu dengan apa yang sudah saya lakukan,” katanya.

Yogi juga mengajak rekan-rekannya yang telah sembuh dari covid-19 untuk bersedia mendonorkan plasma darahnya demi membantu sesama yang membutuhkan.

Artikel ini telah tayang di iNews.id berjudul "Dapat Donor Plasma Darah, 1 Prajurit Kodam IX/Udayana Terpapar Corona Membaik"

Sumber : iNews.id