Hasil Swab Wawali Solo Achmad Purnomo Negatif Covid-19

Penampilan baru Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solom Sabtu (18/7/2020). (Solopos - Kurniawan)
28 Juli 2020 00:17 WIB Kurniawan News Share :

Harianjogja.com, SOLO -- Wakil Wali Kota atau Wawali Solo Achmad Purnomo dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes swab yang keluar pada Senin (27/7/2020).

Informasi yang diperoleh JIBI/Solopos, Purnomo melakukan tes swab mandiri di Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu Solo pada Jumat (24/7/2020) atau sehari setelah terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (23/7/2020) sore.

Hasil tes swab PCR yang diambil pada Jumat itu baru keluar pada Senin dan hasilnya negatif. “Hasil kontrol saya di RS Kasih Ibu Solo baru saja saya terima ini. Baru diantar hari Senin ini, dan ternyata hasilnya negatif,” ujar dia saat dihubungi JIBI/Solopos, Senin malam.

BACA JUGA : Wawali Purnomo Diduga Tertular Corona di Solo 

Sebagaimana diinformasikan, Wawali Solo, Achmad Purnomo, diminta isolasi mandiri karena hasil tes swab oleh Dinas Kesehatan Solo pada 18 Juli 2020 menunjukkan positif Covid-19.

Padahal Purnomo merasa kondisinya sehat bugar. Namun dia tetap mengikuti protokol kesehatan dengan mengisolasi diri di paviliun belakang rumah. Semua kebutuhan Purnomo disuplai dari jauh oleh istri dan pembantunya.

Lantaran penasaran dengan kondisinya yang bugar tapi hasil tes swab positif Covid-19, Purnomo akhirnya melakukan swab mandiri di RS Kasih Ibu Solo pada Jumat (24/7/2020) atau sehari setelah dinyatakan positif Covid-19.

BACA JUGA : Wawali Solo Positif Covid-19, Sejumlah Pejabat OJK Solo

Hasil dari tes swab Covid-19 itu baru diterima Wawali Solo tersebut pada Senin (27/7/2020) malam. “Karena saya merasa sehat ndak kurang apa-apa kok hasilnya positif. Akhirnya saya kontrol ke Kasih Ibu,” urai dia.

Tidak Ada Gangguan Kesehatan

Hingga Senin pukul 21.30 WIB Purnomo mengaku dalam kondisi sehat dan bugar. Tidak ada gangguan kesehatan apa pun baik suhu tinggi, batuk, pilek atau radang tenggorokan. “Alhamdulillah saya sehat-sehat,” imbuh dia.

Namun demikian, Purnomo mengaku masih menjalani isolasi mandiri di paviliun rumahnya. Dia mengaku sudah memberi tahu Kepala Dinas Kesehatan Solo dan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, ihwal hasil swab di RS Kasih Ibu Solo.

“Sudah saya konsultasikan ke Bu Ning [Kepala Dinkes Solo] memang ini hasilnya negatif. Bu Ning sudah saya kasih kabar. Pak Rudy juga sudah saya kabari lewat WA. Besok petugas Dinkes mau ke rumah untuk swab,” urai Wawali Solo yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 itu.

Agenda tes swab oleh Dinas Kesehatan Kota Solo pada Selasa (28/7/2020) pagi merupakan agenda terjadwal, bukan karena adanya hasil swab dr RS Kasih Ibu yang menyatakan negatif. “Kan dari swab yang 18 Juli ini sudah sepekan, jadi mau dites swab lagi,” ujarnya.

Sumber : JIBI/Solopos