Hari Ini, Pejabat Pemkot, DPRD, dan Wartawan Jalani Swab

Wakil Wali Kota Achmad Purnomo, tengah menanti giliran fit and propher test di Panti Marhaen, Jalan Brigjen Sudiarto, Kota Semarang, Sabtu (21/12 - 2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
25 Juli 2020 07:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SOLO - Hari ini, Sabtu (25/7/2020), para pejabat Pemkot, legislator DPRD, dan wartawan di Solo akan menjalani uji swab karena menjadi kontak erat Wakil Wali Kota atau Wawali Solo, Achmad Purnomo, yang terkonfirmasi positif corona.

Mereka bakal diuji swab secara Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengaku menjadi salah satu yang diuji swab.

“Ajudan, staf, dan sopir Wakil Wali Kota juga termasuk. Utamanya yang satu gedung dengan beliau, termasuk saya dan Pak Wali Kota [FX Hadi Rudyatmo]," jelas Ahyani saat dihubungi Solopos.com, Jumat (24/7/2020) malam.

Baca Juga: Sebelum Dinyatakan Positif Corona, Wawali Kota Solo Sempat Bertemu Jokowi & Pengin ke Jogja

Tes swab untuk keperluan tracing itu, kata Ahyani, bisa juga merambah ke kontak sosial Wawali Solo Achmad Purnomo yang positif corona. Selain itu juga kontak bisnis karena Purnomo tidak berhenti berkegiatan. "Sepertinya Pak Wakil [Wawali] masuk asimtomatik [tanpa gejala]. Doakan semoga lekas sembuh,” kata Ahyani.

Sebagaimana diberitakan, kabar Wawali Solo Achmad Purnomo positif Covid-19 sempat membuat gempar banyak kalangan, terutama mereka yang sempat bertemu langsung dalam beberapa hari terakhir.

Purnomo pada pekan lalu sempat melakukan perjalanan ke Jakarta dan bahkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Kepergiannya ke Jakarta hampir bersamaan dengan pengumuman rekomendasi cawali-cawawali Pilkada Solo dari DPP PDIP.

Perjalanan Ke Zona Merah

Pengumuman rekomendasi itu disampaikan secara daring via Zoom dan disaksikan bersama di Panti Marhaen, Semarang, Jumat (17/7/2020). Karena melakukan perjalanan ke zona merah, sepulang dari Jakarta Purnomo menjalani swab test.

Tes pertama dinyatakan negatif, namun pada tes kedua ternyata positif Covid-19. Dua hari sebelum diketahui positif corona, tepatnya pada Rabu (22/7/2020), Wawali Solo itu sempat mengikuti kegiatan rapat paripurna di Gedung DPRD Solo.

Di tempat itu, Purnomo bertemu para anggota DPRD Solo serta sejumlah pejabat Pemkot Solo lainnya. Di acara yang sama juga hadir Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Sementara itu meski positif Covid-19, Achmad Purnomo dalam keadaan sehat alias tanpa gejala.

Sumber : Solopos.com