Puluhan Warga Sekitar Secapa AD Dites Usap

Swab test - Bisnis/Dea Andriyawan
12 Juli 2020 15:17 WIB Dea Andriyawan News Share :

Harianjogja.com, BANDUNG -- Sebanyak 49 Orang warga Hegarmanah, Kota Bandung yang merupakan kawasan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) melakukan swab test atau uji usap di Balai Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, tes-tes tersebut dalam rangka penelusuran (tracing) untuk mendeteksi virus Corona. Dinkes Kota Bandung melakukannya untuk mencegah menyebaran virus lebih lanjut. Sebanyak 49 orang ini merupakan bagian dari 500 orang yang melakukan swab test dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BNI ke-49.

BACA JUGA : Ini Penyebab 1.262 Orang di Sekolah Calon Perwira TNI AD

"Ikhtiar kita harus terus dilakukan untuk melacak kondisi eksisting. Sehingga kita selalu siaga terhadap serangan Covid-19," tutur Oded, Sabtu (11/7/2020).

Ia menegaskan, perang melawan pandemi ini belum berakhir. Oleh karenanya warga harus tetap waspada.

"Kita tidak pernah tahu, bahkan belum ada satu orang pun ahli yang berani mengatakan kapan (pandemi) ini akan berakhir," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita mengungkapkan, jajarannya terus mengupayakan agar kontak-kontak erat dengan pasien positif bisa ditindaklanjuti dengan pengetesan. Kendati banyak yang enggan, pihaknya terus mengedukasi agar warga sadar akan pentingnya pengetesan.

BACA JUGA : Muncul Klaster Baru, Lebih dari 200 Siswa Secapa AD Positif 

"Kita tetap lakukan tracing terus. Jumat kita sudah dapat lagi yang mau dites hasil rayuan teman-teman Puskesmas," tuturnya.

Ia juga berencana untuk menggelar rapid test di sekitar wilayah Hegarmanah untuk mendekatkan lokasi. Cara tersebut agar mempermudah warga untuk mengakses pengetesan.

"Rencananya kalau disetujui aparat kewilayahan kami akan melaksanakan tes masif di sana untuk warga yang enggak mau datang ke sini. Kalau di sana mungkin dia dekat, jadi mau, mudah-mudahan," katanya. (K34)

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia