Muncul Klaster Baru, Lebih dari 200 Siswa Secapa AD Positif Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi - Freepik
08 Juli 2020 15:37 WIB Wisnu Wage Pamungkas News Share :

Harianjogja.com,BANDUNG—Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat menyebut klaster baru penyebaran Covid-19 muncul di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) Hegarmanah, Kota Bandung.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan berdasarkan hasil tes swab, ratusan orang positif terinfeksi Covid-19 dan saat ini jumlahnya terus bertambah. "Untuk jumlah yang terkena belum fix, perkiraan di atas 200 yang terpapar," katanya di Gudang Bulog Jabar, Bandung, Rabu (8/7/2020).

BACA JUGA: Bernama Unik, Dita Leni Ravia Tak Pernah Menyesal dengan Nama Pemberian Orang Tuanya

Guna mencegah penyebaran saat ini di area Secapa AD telah disolasi. Sementara, mereka yang terpapar sebagian sudah dirawat di Rumah Sakit Dustira Kota Cimahi dan RSPAD Gatot Subroto Jakarta, sesuai dengan kondisi medisnya.

Sebagai antisipasi, tes swab masif akan dilakukan untuk memotong rantai penyebaran virus. Tindakan itu akan diiringi dengan disinfeksi area dan penelurusan epidemologis dari Dinkes Kota Bandung, Puskesmas dan tim GTPP Jabar.

BACA JUGA: Penjelasan Wakil Wali Kota Jogja Terkait Perwal Sanksi Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

"Sesuai arahan Pak Gubernur dalam rapat evaluasi gugus tugas selanjutnya akan kita lakukan masif tes, terhadap hampir 20-an lagi sekolah pendidikan kemiliteran yang ada di Provinsi Jabar," kata Berli.

Gugus tugas juga akan melakukan tes masif dengan melakukan 10 ribu pemeriksaan. "Minggu ini kita menyelesaikan semua klaster atau potensi terjadinya klaster penyebaran Covid-19 di Jabar," katanya.