Beragam Peristiwa Sejarah 21 Juni, Presiden Soekarno Meninggal

Soekarno. - Anri.go.id.
21 Juni 2020 08:37 WIB Ginanjar Saputra News Share :

Harianjogja.com, SOLO — Pada 21 Juni 1970, Presiden pertama Indonesia, Soekarno, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta dengan status sebagai tahanan politik.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-172—hari ke-173 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 21 Juni.

Selain Presiden Soekarno meninggal, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 21 Juni. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Presiden Soekarno meninggal, pada 21 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 21 Juni:

21 Juni 533

Seorang jenderal militer, Flavius Belisarius, memimpin pasukan Kekaisaran Bizantium melakukan perjalanan dari Konstantinopel ke Afrika. Perjalanan itu dilakukan demi memusnahkan bangsa Vandal yang menguasai sebagian tanah Afrika.

21 Juni 1582

Seorang daimyo Jepang, Oda Nobunaga, tewas setelah bunuh diri di Kyoto, Jepang. Nobunaga melakukan bunuh diri setelah dikhianati orang kepercayaannya, Akechi Mitsuhide, dengan dikunci dalam sebuah bangunan yang terbakar. Oda Nobunaga dikenal sebagai seorang damiyo atau orang yang memiliki pengaruh besar di suatu wilayah di Jepang. Semasa hidupnya, Ia memiliki tekad menyatukan semua kerajaan di Jepang di bawah kekuasaannya.

21 Juni 1798

Inggris mengerahkan 13.000 tentara untuk meredam pemberontakan di Enniscorthy, Wexford, Irlandia. Sekitar 1.200 pemeberontak tewas dalam tragedi tersebut. Sedangkan pasukan Inggris hanya kehilangan 100 tentara.

21 Juni 1916

Ekspedisi militer Amerika Serikat (AS) ke Meksiko demi mencari revolusioner bernama Pancho Villa hampir memicu pertempuran antara AS dan Meksiko. Pasukan Meksiko tanpa sebab yang jelas menyerang pasukan AS yang dipimpin John J. Pershing di Carrizal, Meksiko. Beruntung, ketegangan dua pasukan itu dapat diredam.

21 Juni 1942

Pasukan Jerman di bawah pimpin Jenderan Erwin Rommel berhasil mengambil alih wilayah Tobruk, Libya dari tangan pasukan Sekutu. Dari kemenangan itu, pasukan Jerman menahan 30.000 tentara Sekutu.

21 Juni 1955

Michel Platini lahir di Joeuf, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia, Juventus. Bersama Juventus, Platini berhasil menjuarai Piala Champions Eropa pada 1985. Kini, pria 62 tahun ini menjabat sebagai wakil presiden Federasi Sepak bola Perancis serta merupakan Presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

21 Juni 1970

Brasil menjuarai ajang Piala Dunia FIFA untuk kali ketiga. Sesuai peraturan, Brasil berhak membawa pulang trofi Jules Rimet untuk selama-lamanya. Sayangnya, trofi paling bergengsi kompetisi internasional sepak bola antarnegara tersebut hilang dari tempat penyimpanannya di Rio de Janeiro pada 1983 sehingga Konfederasi Sepak Bola Brasil membuat tiruannya.

21 Juni 1970

Presiden pertama Indonesia, Soekarno, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta dengan status sebagai tahanan politik. Sebelumnya, ia telah dinyatakan mengidap gangguan ginjal dan pernah menjalani perawatan di Wina, Austria pada 1961 dan 1964. Soekarno sebenarnya pernah meminta agar jenazahnya dimakamkan di Istana Batu Tulis, Bogor. Namun atas perintah Presiden Soeharto, jasad Soekarno dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.

21 Juni 1987

Kim Ryeo-wook lahir di Incheon, Korea Selatan (Korsel). Kini, pria yang akrab disapa Ryeowook ini dikenal luas sebagai anggota boyband Super Junior. Seiring ketenaran yang terus melejit, Ryeowook menjadi salah satu artis Korsel pertama yang muncul di perangko Tiongkok.

21 Juni 2009

Greenland resmi memiliki pemerintahan yang berdiri sendiri. Meski demikian, wilayah Greenland tetap menjadi milik Kerajaan Denmark.

Sumber : JIBI/Solopos