Mau Mengecilkan Ukuran Foto? Begini Caranya ...

Ilustrasi kamera tersembunyi. - Harian Jogja
14 Juni 2020 10:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bagi pecinta foto, seseorang dapat mengecilkan atau mengubah ukuran foto sesuai keinginan, seperti dalam piksel, inci, atau persentase perubahan tertentu.

Ada banyak perangkat lunak pengedit foto berisi alat pengubah ukuran yang mudah diakses secara gratis di macOS, Windows, atau secara online.

Dilansir dari Digital Trends dilansir dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com, berikut cara mudah mengecilkan ukuran foto:

1. macOS
Pengguna Mac dapat menggunakan Preview, aplikasi yang dilengkapi dengan sistem operasi Apple.

Preview biasanya ditetapkan sebagai program default untuk melihat foto dan PDF karena merupakan program pertama untuk membuka foto yang baru diimpor dan tidak memerlukan perangkat lunak eksternal apapun.

Untuk mengubah ukuran foto menggunakan Preview, pilih ikonnya dan buka foto yang ingin pengguna edit di menu File. Pilih foto dari lokasi penyimpanannya lalu pilih Alat dari menu atas.

Pilih opsi Sesuaikan Ukuran untuk mengubah ukuran dan bentuk foto yang dipilih.

Kemudian simpan kembali foto menggunakan menu File. Klik Simpan dan pilih lokasi untuk menyimpan foto yang baru diedit.

2. Windows
Pengguna Windows dapat mengecilkan ukuran foto menggunakan Paint.

Setelah buka Paint, pilih File di menu bagian atas dan pilih Open dari menu drop-down yang ditampilkan.

Setelah pengguna membuka foto, lihat tab Beranda atau Home dan gunakan alat Ubah ukuran untuk mengubah foto seperti yang diinginkan.

Untuk menyimpannya, pilih File > lalu pilih Save.

3. Gunakan layanan pihak ketiga

Pengguna juga dapat menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengubah ukuran foto, seperti Pixlr X. Ini adalah mitra WebGL dari Pixlr, aplikasi pengeditan gambar berbasis web. Cukup ketikkan Pixlr X di halaman pencarian browser.

Setelah Pixlr X terbuka, pilih Buka Gambar atau Open Image. Di jendela yang muncul, pilih foto yang ingin diedit. Kemudian pilih tombol Properties di sebelah kiri > pilih Ubah Ukuran Gambar.

Pilih lebar dan tinggi foto yang pengguna inginkan dan pastikan kotak Proporsi pembatas dicentang untuk mempertahankan proporsi yang tepat saat mengubah ukuran foto. Setelah selesai, pilih tombol Terapkan atau Apply.

Setelah selesai mengedit dan mengubah ukuran, pilih tombol Simpan berwarna biru di bagian bawah layar.

Pengguna harus memasukkan nama untuk file foto baru ini dan konfirmasikan jenis file dan kualitas yang pengguna inginkan, lalu tekan tombol Unduh. Hasil gambar pengguna akan diunduh secara otomatis.

Sumber : Suara.com