Beri Teladan, Ketua MPR Donasikan Tiga Bulan Gajinya untuk Penanganan Pandemi Corona

Petugas medis bersiap memeriksa masyarakat di Michigan Health Professionals Covid-19 melalui fasilitas pengujian di Millennium Medical Group di Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat, Selasa (7/4/2020). Menurut data departemen kesehatan kota menunjukkan jumlah kasus virus corona yang dikonfirmasi dari Detroit terus meningkat lebih dari 5.500 pasien dan 221 diantaranya meninggal. Bloomberg - Emily Elconin
15 April 2020 03:47 WIB Akbar Evandio News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Indonesia sedang menghadapi pandemi Corona. Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggandeng Telkomsel, Gojek, dan Kitabisa untuk inisiasi penanggulangan pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan bahwa kolaborasi dilakukan untuk mengadakan penggalangan dana bagi para mitra driver, mitra merchant UMKM, dan mitra lainnya di ekosistem Gojek yang terdampak.

Dana yang terkumpul akan disalurkan dalam bentuk voucher pulsa untuk meringankan beban biaya sehari-hari, mengingat layanan telekomunikasi merupakan salah satu kebutuhan pokok para mitra Gojek saat bekerja.

“MPR RI mengajak seluruh komponen bangsa dapat menerapkan dan meneladankan rasa solidaritas dan jiwa kegotong-royongan sesama anak bangsa untuk saling peduli dalam melewati masa-masa sulit menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ujarnya lewat keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (14/4//2020).

Sebagai inisiator MPR RI Lawan Covid-19, Ketua MPR RI akan mendonasikan gajinya selama tiga bulan ke laman galang dana Kitabisa.

Inisiatif ini diharapkan dapat menginspirasi anggota MPR RI yang terdiri dari 575 anggota DPR RI, 136 anggota DPD RI, seluruh anggota DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, termasuk masyarakat lainnya untuk turut berkontribusi dalam program donasi ini maupun program bantuan sosial lainnya.

Sementara itu, Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir mengatakan bahwa pelanggan Telkomsel dapat memberikan donasi melalui menu akses UMB *811#, dengan pilihan denominasi 5.000 hingga 25.000 dari deposit prabayar (pulsa) atau pembebanan tagihan pascabayar pelanggan Telkomsel.

Selain itu, masyarakat juga bisa berdonasi melalui layanan GoGive yang mudah diakses oleh pengguna di aplikasi Gojek, yang menawarkan opsi donasi mulai dari Rp1.000.

Penggalangan dana ini terbuka dari tanggal 14 April 2020. Seluruh dana akan dihimpun oleh Kitabisa, dan disalurkan dalam bentuk pulsa kepada puluhan ribu mitra di ekosistem Gojek, seperti mitra driver, mitra penyedia layanan, serta mitra merchant UMKM di dalam ekosistemnya di seluruh Indonesia.

MPR RI dan BPIP bersama Telkomsel, Kitabisa, dan Gojek memastikan bahwa bantuan pada program MPR RI Peduli Lawan Covid-19 akan disalurkan sesuai dengan kebutuhan penerima manfaat sehingga dapat tepat sasaran.

 

Sumber : Bisnis.com