Advertisement

Ada Anjuran "Physical Distancing", Tingkat Okupansi Bus Tinggal 10 Persen

Anitana Widya Puspa
Selasa, 31 Maret 2020 - 08:47 WIB
Nina Atmasari
Ada Anjuran Foto aerial Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (2/1/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah telah menerapkan anjuran physical distancing guna mencegah penularan wabah virus corona (Covid-19).  Organisasi Angkutan Darat (Organda) menyebut tingkat okupansi bus hanya tersisa 10-15 persen.

Sekretaris Jenderal DPP Organda Ateng Haryono mengatakan tingkat isian tersebut bisa semakin rendah apabila pemerintah menerapkan karantina wilayah (lockdown).

Advertisement

“Enggak lockdown saja sudah sengsara, penurunannya drastis dari rata-rata harian 75 persen menjadi 10-15 persen saja,” jelasnya, Senin (30/3/2020).

Dia mengaku telah menyediakan bilik disinfektan di sejumlah bus. Selain itu dari sisi penumpang juga sudah mulai meningkatkan kesadaran diri dengan mengenakan masker dan menggunakan hand sanitizer secara mandiri, hingga menerapkan jaga jarak.

Sementara itu, Ketua Bidang Angkutan Penumpang DPP Organda Kurnia Lesani Adnan mengharapkan agar lockdown jangan pernah terjadi. Pemerintah sebaiknya terus menjalankan protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Peruhubungan Ad Interim Luhut Pandjaitan memutuskan untuk menunda kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyetop sementara operasional bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Hal itu disampaikan Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. "Menko Maritim dan Investasi selaku Plt Menhub (Luhut) mengarahkan, pelarangan operasional itu ditunda dulu pelaksanaannya sambil menunggu kajian dampak ekonomi secara keseluruhan."

Menurutnya, penutupan akses armada bus ini merupakan bagian dari opsi kebijakan pelarangan mudik. Berdasarkan hasil rapat terbatas terkait dengan antisipasi mudik, Presiden Joko Widodo telah meminta kementerian melakukan kajian ulang atas opsi ini.

Hingga Senin (30/3/2020) pukul 12.00 WIB, total ada 1.414 kasus Covid-19 di Indonesia. Angka ini bertambah 129 pasien yang dinyatakan positif dalam 24 jam terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement